Breaking News

Tips Amankan Mobile Banking Saat HP Kamu Hilang

Mobile banking. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Masyarakat era digital terbiasa bertransaksi dengan menggunakan telepon selular. Pasalnya, berbagai aplikasi perbankan bisa dengan mudah disimpan di HP.

Cuma repotnya, jika kamu kehilangan HP. Biasanya, kehilangan HP kerap dikhawatirkan oleh masyarakat seiring berbagai data yang tersimpan di dalamnya, termasuk mobile banking.

Saat kehilangan handphone, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan nasabah untuk mengamankan mobile banking agar rekening tetap aman dan tidak dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab:

1. Aplikasi M-Banking Umumnya Sudah Dilengkapi dengan Fitur Keamanan

Berbagai aplikasi perbankan saat ini telah dilengkapi oleh berbagai fitur keamanan agar tidak disalahgunakan oleh orang atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan, aplikasi BRImo dilengkapi oleh fitur keamanan untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening. 

Salah satunya adalah adanya pola login dengan menggunakan finger print guna memperkuat keamanan akses BRImo.

2. Segera Laporkan Kehilangan ke CS Perbankan

Ketika handphone hilang, nasabah diimbau untuk segera melapor melalui CS perbankan terkait. Informasi tersebut, biasanya bisa langsung ditindaklanjuti untuk mengantisipasi penyalahgunaan aplikasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

3. Lakukan Penggantian Password Email, Media Sosial, dan Aplikasi Lain Secara Berkala 

Langkah antisipasi lain adalah dengan melakukan penggantian password email, social media, dan aplikasi penting lainnya secara berkala. Tujuannya untuk mengantisipasi kebocoran data pribadi lainnya.

4. Jangan Mencatat Username dan Password M-Banking di HP

Lebih lanjut, Andrijanto juga menyarankan nasabah untuk tidak mencatat username dan password mobile banking di handphone.

5. Hapus Aplikasi M-Banking Jika Kamu Berganti Perangkat

Ia juga menyampaikan, jika nasabah berganti handphone, sebaiknya menghapus aplikasi mobile banking pada perangkat lama. Termasuk, menghapus riwayat SMS dan email yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya.

"BRI senantiasa menginformasikan seluruh layanan melalui saluran komunikasi resmi (verified/ centang biru) yang dapat diakses nasabah melalui website dan akun media sosial perusahaan," tuntasnya. (tim redaksi)

#tipsterhindardaripembobolandatamobilebanking
#mobilebanking
#handphone
#aplikasimobilebanking
#mbanking
#pembobolandatambanking

Tidak ada komentar