Breaking News

Terjerat Narkoba, 10 Sipir di Riau Dipecat

Sipir. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Terbukti terjerat narkoba, sebanyak 10 pegawai lapas dan rutan di Riau dipecat. Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Riau M Jahari Sitepu menegaskan, pemecatan itu menjadi bukti ketegasan kepada jajarannya untuk tidak terlibat dengan narkoba.

"Jangan coba-coba. Kalau ada anak-anak (petugas) kita main narkoba, laporkan ke saya, akan saya tindak saat itu juga. Saya tidak akan toleransi," tegasnya, saat acara pisah sambut kepala Rumah Tahanan Pekanbaru, dikutip Kamis (12/1/2023).

Ia juga menegaskan, dirinya sangat serius karena hal ini sesuai amanah Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, agar pegawai LP atau rumah tahanan tidak mendekati narkoba. Kebijakan pemecatan tersebut, adalah bagian dari pembinaan dan hukuman disiplin.

Bahkan, Kanwil Kemenkumham Riau juga telah memindahkan 47 orang napi risiko tinggi yang masih mencoba mengendalikan narkoba dari balik penjara. Sebagian dari mereka bahkan dipindah ke Pulau Nusa Kambangan.

Upaya tegas jajaran pemasyarakatan dalam memerangi narkoba tersebut bahkan mendapatkan perlawanan dari pihak yang masih bermain dengan narkoba. Tahun lalu, kata dia, ada aksi pelemparan molotov ke rumah dinas kepala Divisi Pemasyarakatan dan mobil dinas Kepala Pengamanan Lapas LP Pekanbaru. 

Diduga kuat, pelakunya adalah orang yang pernah ditangkap dalam kasus narkoba. "Namun begitu, sedikitpun kita tidak gentar, dengan niat yang baik Insya Allah kita selalu dilindungi Allah SWT dalam menjalankan pekerjaan," yakinnya. (tim redaksi)

#narkoba
#sipir
#LPpekanbaru
#kanwilkemenkumhamriau
#sipirterlibatnarkobadipecat
#napinarkoba
#hukum

Tidak ada komentar