Breaking News

Tak Mau Kalah dengan Negara Lain, Moeldoko Ingin Durian Indonesia Jadi Komoditas Unggulan Dunia

Kepala KSP Moeldoko menanam bibit durian unggul jenis Super Tembaga dan Cumasi khas Kepulauan Bangka Belitung di Desa Petaling, Kabupaten Bangka, Provinsi Babel, Jumat (12/1/2023). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Mempromosikan komoditas unggulan Indonesia terus dilakukan secara konsisten oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Salah satunya mempromosikan buah durian khas unggulan berbagai daerah di Tanah Air. 

Moeldoko berharap durian lokal Indonesia bisa mendunia menyaingi durian asal Thailand dan Singapura yang sudah lebih dulu dikenal di dunia.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan kontur tanah dan kondisi cuaca yang baik untuk menanam berbagai produk holtikultura. Keuntungan ini seharusnya bisa dijadikan sebagai peluang untuk menghasilkan komoditas-komoditas unggul.

"Indonesia ini negara tropis yang punya berbagai komoditas buah yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain. Hanya ada beberapa kesamaan komoditas di negara-negara Asia Tenggara. Tapi jangan sampai pasar dunia dikuasai oleh negara lain. Indonesia juga harus mampu bersaing," ujar Moeldoko, dikutip dari siaran pers KSP, Minggu (15/1/2023).

Moeldoko yang dijuluki Panglima Tani ini menanam bibit durian Bawor di Pekalongan, Jawa Tengah, pada Desember 2022 lalu. 

Di sela-sela kunjungan dinasnya ke Pangkalpinang, Bangka Belitung pada Jumat (12/1/2023) lalu, Moeldoko kembali menanam bibit durian unggul jenis Super Tembaga dan Cumasi khas Kepulauan Bangka Belitung di lahan seluas 3,5 hektar di Desa Petaling.

Khususnya durian varian Super Tembaga yang terkenal dengan warna kuning oranye seperti tembaga itu rasanya sangat manis. Selain itu, daging buah durian Super Tembaga sangat tebal dengan tekstur yang lembut.

"Durian super tembaga ini adalah varian khas Bangka Belitung yang sangat terkenal. Untuk itu, komoditas ini perlu dikembangkan karena punya nilai ekonomi yang sangat tinggi," papar Moeldoko juga.

Dia pun berkomitmen untuk terus mempromosikan komoditas-komoditas unggulan di daerah, termasuk produk pertanian hortikultura untuk mendorong perkembangan ekonomi masyarakat. 

”Nantinya, kita pun dikenal sebagai negara penghasil dan eksportir buah-buahan unggul. Kita tunjukkan bahwa tidak hanya Thailand yang bisa menjual durian berkualitas dunia,” cetus mantan Panglima TNI ini juga. (tim redaksi)

#moeldoko
#kepalaksp
#kantorstafkepresidenan
#promosibuahlokal
#duriansupertembaga
#bangkabelitung
#panglimatani

Tidak ada komentar