Breaking News

Suka Makan Seafood dan Santan, Imbangi Konsumsi 8 Obat Alami Penurun Kolesterol Ini

Obat alami penurun kolesterol. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kolesterol tinggi merupakan kondisi saat zat lilin di dalam darah melebihi kadar normal. Ketika kadar kolesterol tinggi, seseorang dapat merasakan gejala pusing, kesemutan, keram, nyeri dada, hingga komplikasi jantung.

Makanan tertentu, seperti makanan laut (seafood) dapat memicu terjadinya lonjakan kadar kolesterol. Berikut obat alami penurun kolesterol untuk mengimbangi kesukaan kamu makan makanan berlemak:

1. Minum jus alpukat murni

Mengonsumsi alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebab, alpukat mengandung asam lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. 

Kolesterol baik HDL berfungsi untuk membawa kolesterol jahat LDL dari arteri menuju ke hati, memecahkan LDL, dan membuang LDL dari tubuh. American Heart Association menyebutkan, bahwa mengonsumsi satu alpukat per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat juga sangat bermanfaat dalam menyerap nutrisi lain dalam makanan.

2. Konsumsi kacang-kacangan

Kacang merah, kacang tanah, kenari, dan almond, dapat membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus. Selain itu, kacang-kacangan juga dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. 

Mengonsumsi dua ons kacang sehari, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sebanyak lima persen.

3. Minum jus apel

Kandungan fitokimia dalam apel mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat alias LDL. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel dalam jumlah cukup akan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. 

Pilihlah jus apel murni tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan. Catatan penting, hindari membeli jus apel dalam kemasan yang banyak tersedia di supermarket. Sebab, besar kemungkinan jus tersebut mengandung bahan tidak alami dan gula berlebih.

4. Konsumsi bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat dan bahan untuk memasak selama berabad-abad. Bawang putih mengandung berbagai senyawa tanaman kuat, seperti allicin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

5. Minum air lemon

Minuman menyegarkan yang satu ini tak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Air lemon tinggi kandungan antioksidan dan pektin, yaitu serat larut yang menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Terdapat kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.

6. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan salah satu obat penurun kolesterol alami. Hal tersebut dikarenakan oatmeal mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan. 

Bahkan, selain dapat menurunkan kolesterol tinggi, oatmeal juga termasuk salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

7. Brokoli

Bukan rahasia lagi, brokoli adalah superfood yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Brokoli juga ampuh menurunkan kadar kolesterol karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi. Tak cuma itu, brokoli juga mengandung beta-karoten yang membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam aliran darah.

8. Jahe

Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Penelitian lain tahun 2008 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kamu dapat menambahkan jahe mentah ke dalam makanan atau meminum air rebusannya. (tim redaksi)

#obatalamikolesterol
#kolesterol
#lemakjenuh
#penyebabpenyakitjantung
#kolesteroljahat
#LDL
#kesehatan

Tidak ada komentar