Breaking News

Stadion Utama Palaran yang Terlupakan, Pemprov Kaltim Cari Pihak Ketiga untuk Pengelolaan

Stadion Utama Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kalimantan Timur sebenarnya memiliki stadion utama yang cukup megah. Namanya, Stadion Utama Palaran, yang dibangun pada 2008, bertepatan dengan perhelatan PON Kaltim.

Total anggaran pembangunan stadion tersebut juga fantastis. Mencapai angka Rp800 miliar, bahkan ada juga yang memperkirakan bisa menyentuh Rp1 triliun.

Namun sayang, stadion ini kurang mendapatkan perawatan semestinya. Karena seperti megahnya stadion itu, biaya perawatannya juga ditaksir bisa mencapai Rp100 miliar per tahun.

Kondisinya kini memprihatinkan dan kurang terawat. Padahal, kursi tribune-nya saja berkapasitas 67 ribu penonton.

Tak heran, jika sudah sejak lama aset provinsi itu ditawarkan Pemprov Kaltim kepada pihak ketiga. Hanya saja, hingga saat ini belum ada pihak ketiga yang berminat mengelola aset tersebut.

Seakan-akan, Stadion Utama Palaran tidak laku. Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyebut, biaya perbaikan Stadion Utama Palaran ke kondisi semula dibutuhkan biaya sekitar Rp160 miliar.

"Itu sebenarnya mau ditawarkan ke pihak ketiga,” ungkap Hadi, belum lama ini. Mengenai dilema perawatan Stadion Utama Palaran, Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono menyarankan kepada Pemprov Kaltim untuk melakukan perbaikan fasilitas terlebih dahulu.

"Minimal, fasilitas olahraga diperbaiki, dirawat, dan dijaga, kemudian dikelola dengan baik,” imbaunya, dikutip Rabu (18/1/2023). Jika nantinya Stadion Utama Palaran sudah diperbaiki, dia yakin, masyarakat akan datang dan menyewa aset daerah itu.

“Bila masyarakat mau sewa, kan berarti ada pendapatannya itu,” lanjutnya. Namun, dia menyayangkan, Pemprov Kaltim belum juga merespons masukan dari para wakil rakyat tersebut.

"Saya selalu ingatkan untuk lapangan di Palaran itu. Kami juga sudah cek kondisi di sana,” akunya. (tim redaksi)

#stadionutamapalaran
#perluperbaikan
#biayaperbaikan
#rencanadikelolapihakketiga
#komisiIIDPRDkaltim
#samarindakalimantantimur
#wakilrakyat
#fasilitasolahraga

Tidak ada komentar