Breaking News

Sering Dianggap Gangguan Pencernaan Biasa, 8 Tanda Ini Bisa Jadi Alarm Kanker Pankreas

Gangguan pencernaan. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Gangguan pencernaan dan sakit perut sering dianggap sebagai gejala penyakit ringan. Padahal bisa saja, itu merupakan tanda dari sesuatu yang lebih buruk, misalnya kanker pankreas.

Kanker pankreas merupakan penyakit mematikan kelima di Inggris. Melansir Pancreatic Cancer UK (PCUK), Selasa (10/1/2023), setengah penderita penyakit ini meninggal dalam waktu tiga bulan setelah diagnosis karena terlambat melakukan pemeriksaan.

Gejala kanker pankreas sering tumpang tindih dengan kondisi lain seperti gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus besar. Berikut ini ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai jika terjadi secara terus-menerus, melansir laman Independent, Selasa (10/1/2023):

1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan atau mulas bisa menjadi gejala umum kanker pankreas. Tetapi kebanyakan orang tidak akan berpikir terkait dengan penyakit serius. 

Biasanya gejala ini juga dibarengi dengan nyeri perut atau punggung dan dengan beberapa hal yang mengganggu.

2. Sakit Perut atau Punggung

Nyeri ini bisa menjalar dari perut ke punggung. Sakit ini seringkali terjadi di antara tulang belikat, kemungkinan menjadi lebih buruk setelah makan sesuatu dan tidak hilang dengan mudah.

3. Berat Badan Menurun Drastis

Penurunan berat badan akan sangat terlihat apalagi jika penderita tersebut tidak sedang melakukan program diet.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Kehilangan berat badan tentu saja terkadang terkait dengan hilangnya nafsu makan, yang merupakan gejala kanker pankreas yang sering diabaikan. Penderita tidak pernah merasa lapar atau langsung kenyang walau makan hanya sedikit. 

Kemungkinan hal tersebut karena tumor yang menekan perut.

5. Ikterus

Penyakit kuning adalah gejala kanker pankreas yang tidak mudah diabaikan, tetapi cenderung hanya terjadi pada orang yang tumornya mengarah ke kepala pankreas. Perawat spesialis PCUK, Jeni Jones mengatakan, tidak semua orang dengan kanker pankreas akan terkena penyakit kuning, meski sangat lazim.

"Ini adalah "bendera merah". Kamu mungkin menyadarinya saat bagian putih mata berubah agak kuning, sebelum kulit juga mulai mendapatkan semburat kuning itu," imbuh Jones.

6. Gatal

Kulit mungkin menjadi sangat gatal sebelum penyakit kuning berkembang, karena garam empedu menumpuk di bawah kulit terlebih dahulu.

7. Perubahan Buang Air Besar

Jones mengatakan, terdapat banyak penyebab diare, namun tanda dari gejala kanker pankreas berbeda. Saat membuang air besar terdapat lemak di feses yang membuatnya berwarna kekuningan, yang juga terjadi pada penyakit kuning.

Kotoran berminyak dan kekuningan yang tidak hilang ini adalah tanda pasti bahwa ada sesuatu yang salah di bagian atas sistem pencernaan.

8. Kelelahan

Kelelahan dapat disebabkan oleh banyak hal. Tetapi jika terjadi secara terus menerus dan disertai gejala lain maka harus segera melakukan pemindaian. (tim redaksi)

#kankerpankreas
#gejalakankerpankreas
#gangguanpencernaan
#pemeriksaandini
#kehilangannafsumakan
#kelelahan
#beratbadanmenurun
#sakitperut

Tidak ada komentar