Breaking News

Selain Olahraga dan Pola Hidup Sehat, 5 Minuman Ini Cocok untuk Mengecilkan Perut

Mengecilkan perut. Foto: Ilustrasi/ iStock

WELFARE.id-Selain beralih ke gaya hidup sehat dan rajin berolahraga, terdapat beberapa jenis minuman untuk mengecilkan perut. Minuman ini efektif secara langsung melancarkan pencernaan di pagi hari, sehingga otomatis bisa mengecilkan perut. 

Dengan mengonsumsi minuman-minuman ini secara rutin, hal tersebut bisa meningkatkan pembakaran kalori tubuh sehingga perut lebih cepat ramping. Melansir Sleep Foundation, Jumat (6/1/2023), saat tidur tubuh seseorang bisa membakar sekitar 50 kalori per jam. 

Hal ini juga menjadi alasan mengapa minuman untuk mengecilkan perut baik diminum sebelum tidur. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis minuman yang boleh dikonsumsi menjelang tidur.

1. Air

Air putih adalah minuman nol kalori yang bisa menjaga keseimbangan tubuh, memaksimalkan kerja pencernaan, penyerapan nutrisi, dan memelihara suhu tubuh. Asupan air cukup selama tidur sangat berguna untuk memudahkan proses metabolisme lemak atau lipolisis. 

Namun, kamu tidak harus minum berlebihan menjelang tidur karena dapat meningkatkan rasa ingin buang air kecil di tengah malam. Setidaknya asupan cairan tubuh setiap hari terpenuhi dan sebelum tidur minum air secukupnya dan hindari konsumsi makanan berat.

2. Susu hangat

Minum susu hangat sebelum tidur mempunyai efek baik dalam meningkatkan kualitas tidur jadi lebih nyenyak. Hal itu dikarenakan susu mengandung tryptophan dan kalsium.

Ketika kualitas tidur membaik, maka proses metabolisme tubuh akan berjalan maksimal dalam memecah lemak. Selain itu, hormon pengendali nafsu makan juga ikut terkontrol karena kamu jadi kehilangan rasa lapar.

Manfaat lainnya, susu mengandung sejumlah protein yang efektif untuk mempercepat metabolisme sekaligus memperkuat massa otot.

3. Protein shake

Bubuk protein tidak hanya direkomendasikan untuk mereka yang sedang berolahraga dan membentuk otot. Namun juga bermanfaat bagi kamu yang ingin mendapatkan kualitas tidur baik sehingga bisa tidur nyenyak.

Bubuk protein penuh dengan kandungan asam amino triptofan yang dapat membantu menurunkan kadar kortisol untuk melawan lemak. Meski dalam kondisi tidur, metabolisme akan tetap bekerja sehingga protein tetap diolah dan diserap tubuh.

4. Teh chamomile

Minuman untuk mengecilkan perut sebelum tidur selanjutnya ada teh chamomile yang diseduh hangat tanpa pemanis tambahan. Teh chamomile memiliki efek meningkatkan kadar glisin tubuh dan neurotransmitter untuk melemaskan saraf.

Manfaat lain dari teh chamomile yaitu menaikkan suhu tubuh sehingga memberi respons rileks agar tidur lebih cepat. Selain itu, chamomile juga banyak dikaitkan dengan peningkatan kontrol glukosa dan membantu penurunan berat badan.

5. Greek yogurt

Sama dengan kefir, greek yoghurt termasuk olahan susu fermentasi yang mengandung tinggi probiotik. Minuman untuk mengecilkan perut sebelum tidur ini mempunyai kadar protein cukup tinggi. 

Terutama greek yoghurt tanpa rasa atau plain. Protein yang diproses tubuh selama tidur tidak hanya membantu membakar kalori, melainkan bisa meremajakan otot. Semakin banyak massa otot dalam tubuh, maka semakin banyak pula kalori yang akan dibakar tubuh. (tim redaksi)

#minumanantiperutbuncit
#tipsmengecilkanperut
#minumansehat
#pencernaansehat
#membakarkalori
#tipsdiet

Tidak ada komentar