Breaking News

Saat Upacara HUT ke-355, Wali Kota Andi Harun Sampaikan 11 Prestasi Pemkot Samarinda

Wali Kota Andi Harun dan wakilnya Rusmadi berpose dengan sejumlah undangan saat perayaan HUT ke-355 Kota Samarinda, Sabtu (21/1/2023). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kota Samarinda yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berulang tahun ke-355 yang jatuh pada 21 Januari 2023. Sejumlah acara digelar untuk merayakan HUT tersebut.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-355 Kota Samarinda dan sekaligus HUT ke-63 Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berlangsung khidmat digelar di halaman GOR Segiri, Jalan Kusuma Bangsa, Kota Samarinda, Kaltim, Sabtu (21/1/2023).

Rangkaian acara HUT itu dimulai dengan upacara. Wali Kota Samarinda Andi Harun  bertindak sebagai pembina upacara. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi.

Tampak juga hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Hero Mardanus serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda, Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono beserta unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Samarinda.

Selain itu, upacara HUT kali ini juga dihadiri oleh mantan Wali Kota Samarinda terdahulu seperti Dr. H. Syaharie Jaang, DR. Meiliana dan DR. H. Zairin Zain beserta tamu undangan lainnya. 

Upacara dirangkai dengan penyerahan piagam-piagam penghargaan dan panji-panji keberhasilan pembangunan Pemkot Samarinda selama dua tahun ini dari Wali Kota Andi Harun kepada sejumlah kepala OPD.

Pada kesempatan itu, Andi Harun juga mengatakan perjalanan selama 355 tahun Kota Samarinda, bukanlah perjalanan yang sebentar.

Sehingga, menurutnya, penting bagi pemimpin dan rakyat mengenang sejarah, mengikuti napak tilas perjalanan sejarah sejak berdirinya hingga pembangunan Kota Tepian-nama lain Kota Samarinda.

"Hal yang patut kita syukuri bersama adalah bahwa pengembangan dan pembangunan di Kota Samarinda dari masa ke masa terus mengalami kemajuan yang signifikan," ujar Andi Harun juga.

Berbagai capaian pembangunan dan penghargaan yang diraih Kota Samarinda cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah yang jadi ibu kota Kaltim tersebut.

Ia juga membacakan beberapa capaian Pemkot Samarinda di masa kepemimpinannya yang akan memasuki tahun kedua ini.

Wali Kota Samarinda yang juga Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, capaian tersebut karena kerja keras seluruh ASN dibantu oleh TNI Polri yang bahu membahu membangun Kota Samarinda.

Di antara capaian yang disebutkan adalah: 

1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk laporan keuangan Pemerintah Kota Samarinda.

2. Penghargaan Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik oleh Ombudsman Republik Indonesia, Penghargaan Unit Kerja menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Penilaian Monitoring Capaian Kinerja Program Koordinasi Dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Perizinan dan Penilaian Kinerja Kementrian Investasi/BKPM yang diraih oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda

3. Anugerah Parahita Ekapraya dan Kota Layak Anak Tingkat Nasional yang diraih oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Samarinda

4. Pemecahan Rekor MURI Senam Prolanis oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda

5. Penghargaan dari Citi Asia pada 5th Indonesia Smart Nation Award 2022 for Tematic City yang diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda

6. Penghargaan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Kementrian PAN RB yang diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda

7. Camat Kecamatan Samarinda Kota Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Dalam Rangka Peringatan HUT Provinsi Kalimantan Timur ke-66, Tahun 2023

8. Penghargaan Juara 1 pada Penyelenggaraan Pameran Terpadu INVESDA EXPO, Penghargaan Pembina UMKM dalam Gebyar Lelang UMKM Oleh Dirjen Kekayaan Negara Kementrian Keuangan, dan Penghargaan sebagai Mitra Kerja dalam Pencegahan dan Pelanggaran Kekayaan Intelektual oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang diraih oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Samarinda

9. Penghargaan Kepada TP. PKK Kecamatan Loa Janan Ilir atas Juara III Lomba Vlog Pencatatan Pernikahan Tingkat Nasional 

10. Daerah Berkomitmen Kategori Penetapan LP2B dengan Dana APBD oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia yang diberikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda 

11. Serta banyaknya penghargaan di Tingkat Nasional yang juga ditorehkan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda. 

Untuk diketahui, rangkaian HUT Kota Samarinda digelar sejak Jumat (20/1/2023), dengan empat agenda yakni ziarah ke Taman Makam Pahlawan pada pukul 08.00 Wita, dilanjutkan dengan ground breaking pembangunan terowongan Otista.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Lamohang Daeng Mangkona, diakhiri dengan salat Jumat dan pembukaan Festival Adat Bugis.

Lalu acara dilanjutkan pada Sabtu (21/1/2023) berupa upacara HUT Kota Samarinda dan Pemkot Samarinda yang dipusatkan di lapangan GOR Segiri, sekitar pukul 07.00 Wita.

Selanjutnya pada Selasa (24/1/2023) dilaksanakan rapat paripurna DPRD Kota Samarinda dan keesokan harinya dilaksanakan penyerahan penghargaan Satyalencana Karya Satya.

Untuk acara tambahan dilaksanakan pada tanggal 27 Januari hingga 12 Maret 2023, yang diisi oleh berbagai perlombaan hingga Samarinda Festival. (tim redaksi)


#kotasamarinda
#provinsikalimantantimur
#ibukotakaltim
#hutke-355
#kotatepian
#upacarahutkotasamarinda
#walikotasamarinda
#andiharun

Tidak ada komentar