Breaking News

Rumah Warga Brebes Disapu Banjir Bandang, Longsor di 14 Titik

Dampak banjir bandang. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Banjir bandang dan longsor menerjang wilayah bagian atas Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Hal itu terjadi setelah daerah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Luapan air sungai membawa material tanah di jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Limbangan, Kendal dengan Sumowono, Kabupaten Semarang. Banjir mengakibatkan longsor di 14 titik. 

Akibat banjir bandang dan longsor tersebut, merusak sejumlah fasilitas umum pemukiman warga, serta sejumlah fasilitas objek wisata yang ada di sepanjang aliran sungai yang meluap. Hingga Kamis (5/1/2023), material longsoran masih menutup beberapa ruas jalan yang tersebar di lima desa di Kecamatan Limbangan, Kendal. 

Warga dibantu petugas TNI, Polri, BPBD, serta relawan, mengerahkan alat berat untuk mengeruk lumpur dan material tanah yang menutup jalan. Menurut kesaksian warga, hujan yang terjadi sejak Rabu sangat deras sehingga air sungai meluap.

Camat Limbangan Alfebian Yulando mengungkapkan, 5 desa yang terdampak banjir bandang yaitu Desa Gondang, Desa Pakis, Desa Tambahsari, Desa Ngesrepbalong, dan Desa Gonoharjo. "Ada lima desa yang terdampak, total di 14 titik. Penyebabnya selain karena curah hujan yang tinggi, juga karena di bagian atas itu tanahnya labil sehingga begitu hujan deras bisa tergerus dan longsor," jelasnya, dikutip Jumat (6/1/2023).

Hingga saat ini, tidak ada laporan korban jiwa. Sementara Pemerintah Kecamatan Limbangan sedang mendata kerugian akibat bencana banjir dan longsor tersebut. 

Ketua PMI Brebes Wahidin Soedja mengatakan pihaknya menyalurkan sekitar 1.200 bungkus makanan siap saji. Bantuan ini didistribusikan ke enam desa yang terdampak banjir bandang.

"PMI juga mendirikan dapur umum bersama Dinas Sosial dan BPBD. Nanti (nasi bungkus) akan dibagikan untuk makan siang warga," terang Wahidin. (tim redaksi)

#banjirbandangbrebes
#jawatengah
#banjirbandang
#longsor
#cuacaekstrem
#rumahrusak
#kerugianwarga

Tidak ada komentar