Breaking News

Punya Riwayat Asam Urat, 4 Buah Ini Sebaiknya Dihindari

Buah nanas. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami masyarakat. Asam urat merupakan peradangan sendi yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada persendian, yang bisa berlangsung selama satu atau dua minggu, sebelum kondisinya membaik.

Melansir laman niams.nih.gov, Kamis (12/1/2023) terdapat beberapa bagian tubuh lain yang bisa terdampak asam urat selain sendi, di antaranya berikut ini:

- Bursae, kantung seperti bantal yang ada di antara tulang dan jaringan lunak;

- Selubung tendon atau selaput yang mengelilingi tendon;

- Ginjal, karena kadar asam urat yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu dan kerusakan ginjal;

Penyakit ini terjadi saat kristal asam urat menumpuk di persendian. Terbentuknya kristal asam urat, disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

Akibat dari asam urat yang kambuh, penderitanya jadi kesulitan untuk melakukan gerakan dan merasakan ketidaknyamanan yang bisa bertahan selama beberapa hari. Kekambuhan asam urat bisa terjadi jika mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi, misalnya saja daging merah.

Namun, tahukah kalau ternyata terdapat buah-buahan yang juga mengadung purin tinggi. Merangkum berbagai sumber, Kamis (12/1/2023), berikut deretan buah yang bisa menyebabkan asam urat kambuh:

1. Nangka

Buah tropis yang bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Asia seperti Indonesia, mempunyai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, asam folat (vitamin B9), magnesium, dan kalium. Namun, bagi penderita asam urat sebaiknya membatasi atau bahkan sama sekali tidak mengonsumsi nangka. 

Kadar purin yang tinggi dalam buah ini, dapat menyebabkan kekambuhan.

2. Rambutan

Ketika sudah matang sempurna, rambutan akan memberikan rasa manis ketika dimakan secara langsung. Namun jika tingkat kematangannya terlalu tinggi, gula dalam buah ini bisa berubah menjadi alkohol.

Mengonsumsi buah rambutan yang berlebihan tidak disarankan, karena bisa memicu peningkatan asam urat.

3. Durian

Bagi penderita asam urat, durian sebaiknya dihindari. Terdapat kandungan kolesterol yang tinggi di durian. 

Selain meningkatkan kadar kolesterol, makan durian yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kekambuhan asam urat.

4. Nanas

Nanas mempunyai kandungan serat dan vitamin yang tinggi, sehingga baik bagi kesehatan. Akan tetapi, sama seperti gula alami dalam rambutan, nanas bisa berubah menjadi alkohol saat ada di dalam sistem pencernaan.

Alkohol yang terbentuk secara alami tersebut, dapat memicu kenaikan kadar asam urat. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi nanas terlalu banyak. (tim redaksi)

#buahmengandungpurin
#asamurat
#buahyangdilarangbagipasienasamurat
#asamurattinggi
#kadarkolesterol

Tidak ada komentar