Breaking News

Penyidik KPK Bawa 7 Koper Barang Bukti usai Geledah Kantor DPRD DKI

Sejumlah penyidik KPK keluar usai menggeledah kantor DPRD DKI Jakarta, Selasa (17/1/2023) malam. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah dokumen terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang dari penggeledahan yang dilakukan di kantor DPRD DKI Jakarta pada Selasa malam (17/1/2023).

Ada enam ruangan yang dilakukan penggeledahan oleh penyidik KPK. "Setidaknya ada 6 ruangan yang dilakukan penggeledahan di antaranya ruang kerja di lantai 10, 8, 6, 4, 2 dan staf komisi C DPRD DKI Jakarta," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2023).

Dokumen yang diambil itu akan dianalisis oleh tim penyidik lembaga antirasuah itu untuk kepentingan penyidikan kasus pengadaan lahan di Pulogebang untuk proyek rumah DP 0 Rupiah.

"Beberapa dokumen terkait perkara kasus Pulogebang," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. Dia juga membenarkan kalau ruangan yang digeledah adalah milik anggota DPRD DKI Jakarta M. Taufik dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Penggeledahan yang dilakukan sejumlah penyidik KPK itu bermula pada Selasa (7/1/2023) pukul 18.10 WIB, sebanyak enam mobil penyidik KPK mendatangi kantor DPRD DKI Jakarta yang berlokasi di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Penyidik baru keluar dari gedung sekitar pukul 20.55 WIB. Mereka terlihat membawa tujuh koper.

Untuk diketahui, kasus dugaan korupsi Pulogebang merupakan pengembangan dari perkara korupsi pengadaan tanah di Munjul yang menjerat Direktur Utama (Dirut) Perumda Pembangunan Sarana Jaya periode 2016-2021 Yoory Corneles Pinontoan dan kawan-kawan.

Pengadaan tanah dalam kasus ini merupakan proyek Perumda Sarana Jaya tahun 2018-2019. KPK menyatakan sudah menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Kelurahan Pulogebang. Namun, KPK belum mengumumkannya ke publik.

Hal itu berdasarkan kebijakan pimpinan KPK era Firli Bahuri Cs yang baru akan menyampaikan konstruksi kasus berikut identitas tersangka bersamaan dengan upaya paksa penangkapan maupun penahanan. (tim redaksi)

#kpk
#penggeledahan
#dprddkijakarta
#kasuskorupsi
#pengadaanlahan
#tanahpulogebang
#rumahdp0persen

Tidak ada komentar