Breaking News

Penularan TBC di Tempat Kerja Cukup Tinggi, Menaker: Penanggulangan Perlu Peran Semua Pihak!

Sosialisasi penanggulangan TBC. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Selain penularan virus Corona atau COVID-19 yang harus diwaspadai, ternyata saat ini penularan virus tuberculosis atau TBC masih saat tinggi di lingkungan kerja.  

Karena itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak pemangku kepentingan ketenagakerjaan termasuk dunia usaha untuk dapat berpartisipasi aktif dalam penanggulangan tuberkulosis (TBC) di tempat kerja.

Apalagi, Indonesia masih memiliki jumlah kasus TBC yang cukup tinggi berdasarkan data World Health Organization (WHO). 

"Untuk mengurangi kasus TBC di Indonesia dibutuhkan peran aktif dari semua pihak, baik masyarakat umum maupun pihak swasta," terang Ida Fauziyah dalam acara bincang bertajuk ’Free Tuberculosis at Workplace’ yang digelar di Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Dia juga menjelaskan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong pengurangan TBC di tempat kerja dengan berbagai langkah-langkah penanggulangan.

Salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Menaker (Permen) Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja, sebagai tindak lanjut amandemen Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan TBC.

Peraturan itu guna mendukung target pemerintah untuk mengeliminasi kasus TBC di Tanah Air pada tahun 2030 mendatang. 

Indonesia sendiri masih memiliki jumlah kasus TBC yang besar, dengan data WHO Global Report 2021 memperlihatkan Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan jumlah kasus TBC terbesar di dunia.

Secara khusus Ida Fauziyah menyoroti bahwa masih banyak kasus TBC yang belum tercatat, baik karena tidak melaporkan ke fasilitas layanan kesehatan atau tidak menyadari sudah terinfeksi TBC. 

”Artinya kesadaran untuk menyampaikan, untuk menjadi bagian dari pencegahan itu masih sangat kurang sekali. Pemerintah menyadari bahwa ini pekerjaan yang tidak ringan," papar Ida juga.

Untuk itu, Kemenaker dalam Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2023 menjadikan penanganan TBC di tempat kerja menjadi salah satu isu fokus, mengingat masih tinggi penderita TBC di tempat kerja. (tim redaksi)


#kesehatan
#penularanpenyakit
#tempatkerja
#tbc
#tuberculosis
#menteritenagakerja
#menaker
#idafauziyah

Tidak ada komentar