Breaking News

Partai Ummat Lolos Peserta Pemilu 2024 Paling Buncit, Ketum Bakal Roadshow ke Parpol Lain

Partai Ummat. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Partai Ummat lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Partai besutan Amien Rais itu dinyatakan lolos setelah berhasil memenuhi syarat (MS) keanggotaan dalam verifikasi faktual ulang di dua provinsi. 

"Status Partai Ummat dinyatakan memenuhi syarat," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Nasional Hasil Verifikasi Faktual Ulang di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (30/12/2022) lalu. Partai Ummat menjalani verifikasi faktual ulang di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara (Sulut). 

Komisioner KPU RI Idham Holik menjelaskan, Partai Ummat memenuhi syarat keanggotaan di 19 kabupaten/kota di Sulut. Adapun syarat minimal di NTT adalah 17 kabupaten/kota. Dengan begitu Partai Ummat berstatus MS di NTT. 

Sedangkan di Sulut, partai berlogo perisai bintang itu memenuhi syarat keanggotaan di 11 kabupaten/kota. Lantaran syarat minimalnya juga 11 kabupaten/kota, Partai Ummat dinyatakan MS di provinsi ini. 

Dalam rapat pleno itu, semua komisioner KPU RI menandatangani berita acara hasil rekapitulasi verifikasi faktual ulang Partai Ummat. Selanjutnya, KPU tinggal meneken Surat Keputusan (SK) penetapan Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024 dan menentukan nomor urutnya. 

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan, partainya akan menggelar roadshow silaturahmi dengan menyambangi partai politik lain. "Kita akan roadshow silaturahim, kemarin sudah kita diskusikan hal tersebut nanti akan kita matangkan dulu suara internal, nanti kita akan datang ke partai lain juga ormas dan kelompok masyarakat lain," kata Ridho, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, dikutip Selasa (3/1/2023).

Menurut dia, Partai Ummat membutuhkan 'teman' agar kuat dalam menghadapi kontestasi demokrasi pada 2024. Bahkan, kata dia, Partai Ummat akan mendatangi juga partai yang sempat terjegal proses verifikasi di KPU.

"Jadi kita butuh teman sebanyak-banyaknya. Dengan siapapun semua yang ingin melihat keadilan tegak di negeri ini," ucap dia.

Selain itu, dia mengungkapkan, Partai Ummat akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) sebagai salah satu langkah awal memanas mesin politik di 2023.

"Insyallah kita mulai dengan konsolidasi nasional kita akan melakukan rakernas mohon doanya insyaallah bulan depan, tempatnya juga insyaallah di sini (Asrama Haji Pondok Gede)," imbuh Ridho.

Dengan bertambahnya Partai Ummat, total ada 24 partai politik peserta Pemilu 2024, terdiri dari 18 parpol nasional dan 6 parpol lokal Aceh. Berikut daftar 24 partai politik peserta Pemilu 2024:

Partai nasional

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), nomor urut 1

Partai Gerindra, nomor urut 2

PDI Perjuangan, nomor urut 3

Partai Golkar, nomor urut 4

Partai Nasdem, nomor urut 5

Partai Buruh, nomor urut 6

Partai Gelora, nomor urut 7

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), nomor urut 8

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), nomor urut 9

Partai Hanura, nomor urut 10

Partai Garuda, nomor urut 11

Partai Amanat Nasional (PAN), nomor urut 12

Partai Bulan Bintang (PBB), nomor urut 13

Partai Demokrat, nomor urut 14

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), nomor urut 15

Perindo, nomor urut 16

Partai Persatuan Pembangunan (PPP), nomor urut 17

Partai Ummat, nomor urut 24

Partai lokal Aceh

Partai Nanggroe Aceh (PNA), nomor urut 18

Partai Generasi Atjeh Beusaboh Thaat dan Taqwa (Gabthat), nomor urut 19

Partai Darul Aceh (PDA), nomor urut 20

Partai Aceh, nomor urut 21

Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, nomor urut 22

Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA), nomor urut 23
(tim redaksi)

#partaiummat
#amienrais
#KPU
#parpolpesertapemilu2024
#pemilu2024
#nourutparpol
#verifikasifaktualulang

Tidak ada komentar