Breaking News

OJK Masih Bungkam, Daftar Merger Bank Kekurangan Modal

Gedung OJK. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sejauh ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru mengumumkan satu bank dari bank umum swasta nasional (BUSN) yang mendapat sanksi. Menyusul gagalnya pengadaan modal inti Rp3 triliun yang menjadi syarat baru perbankan.

Bank tersebut adalah PT Prima Master Bank. Sebagai sanksinya, OJK telah menurunkan izin usaha bank ini dari bank umum menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) per 4 Januari 2023. Namun, teka-teki rencana merger atau penggabungan dua bank lain dalam memenuhi ketentuan modal inti minimum Rp3 triliun lainnya masih belum diungkap.

Seperti diketahui, OJK telah melakukan pengawasan terhadap 37 bank baik BUSN maupun bank pembangunan daerah (BPD) dengan modal inti di bawah Rp 3 triliun pada tahun 2022. BUSN harus memenuhi ketentuan modal inti itu pada akhir 2022, sedangkan BPD masih punya waktu hingga akhir 2024.

"Dari 37 bank, sebagian sudah melakukan tambahan setoran modal, pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB), penggabungan, pengambilalihan, maupun mengundang mitra strategis. Secara umum, BUSN telah memenuhi modal inti minimum sebelum 31 Desember 2022, selain Prima Master Bank." kata Direktur Humas OJK Darmansyah dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (17/1/2023).

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, pemenuhan modal inti ini dilakukan dengan berbagai cara dari penambahan modal dari pemegang saham, right issue, dan juga merger. 

"Sayangnya, kami tidak bisa menyebutkan nama bank yang merger. Merger bagian dari aksi korporasi yang harus dikoordinasikan dengan Pak Inarno, sehingga tidak bisa disebutkan karena akan berpengaruh kepada harga saham," jelas Dian, sebelumnya.

Pemenuhan modal inti harus diikuti perbankan berdasarkan POJK 12 tahun 2020 bank umum harus memiliki modal inti Rp3 triliun per akhir 2022. (tim redaksi)

#OJK
#aturanperbankan
#tambahanmodalintibank
#mergerbank
#otoritasjasakeuangan
#pemenuhanmodalinyi
#bankumumswastanasional
#BUSN

Tidak ada komentar