Breaking News

Nyeri Sendi hingga Cedera, Risiko yang Dihadapi Jika Salah Memilih Sepatu

Memilih sepatu. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Alas kaki ternyata berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Salah memilih sepatu saat beraktivitas di luar rumah, bisa berakibat kualitas kesehatan menurun, hingga cedera otot.

Lantas, apa saja risiko yang mungkin timbul akibat salah pilih sepatu? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2023), berikut sejumlah masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat salah memilih sepatu.

1. Meningkatkan kemungkinan cedera 

Untuk berlari, kamu tidak disarankan menggunakan sandal. Sepatu olahraga yang sebaiknya kamu pilih adalah yang bisa dipergunakan untuk running atau jogging.

2. Bisa memunculkan penyakit Arthritis
 
Dikutip dari laman Betterhealth, mengenakan sepatu yang salah dapat memperburuk rasa nyeri atau arthritis pinggul, lutut, pergelangan kaki, atau kaki.

3. Mengalami nyeri di persendian

Memakai sepatu olahraga yang salah juga bisa menyebabkan nyeri pada tulang dan persendian meski dikenakan dalam durasi yang singkat.

4. Bunion

Masih dari Betterhealth, bunion adalah benjolan tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh peggunaan sepatu yang terlalu ketat dan sempit.

Penderita bunion, ujung jempolnya akan tertarik ke arah jari-jari kaki yang lebih kecil dan memaksa sendi di pangkal jempol kaki jadi lebih menonjol.

5. Cedera pada Kaki

Melansir WebMD, mengenakan sepatu yang tidak tepat dapat membuat kaki lecet, keseleo, dan bahkan bengkak. Selain itu, sepatu olahraga yang tidak tepat juga meningkatkan risiko kapalan.

6. Menderita Plantar Fasciitis

Memakai alas kaki yang salah dapat menyebabkan nyeri pada plantar fascia, yaitu jaringan tisu pada tumit. Tumit kamu akan terasa nyeri akibat hentakan terus menerus yang terjadi pada saat berlari atau berjalan lama tanpa perlindungan dari sepatu yang tepat.

7. Keretakan tulang kaki

Pada situasi yang buruk, saat ada hentakan pada kaki, berisiko keretakan pada tulang kaki akibat hentakan repetitif yang kamu lakukan.

8. Pengapuran pada sendi

Berolahraga secara rutin bisa mengurangi terjadinya pengapuran pada sendi-sendi. Akan tetapi, mengenakan sepatu yang salah justru akan mempertinggi risiko pengapuran tadi. 

Hal ini disebabkan karena sepatu yang kamu kenakan tak dapat mendukung dan menyempurnakan gerakan olahraga yang dilakukan. (tim redaksi)

#pemilihanalaskaki
#pemilihansepatu
#risikocedera
#sepaturunning
#sepatukhusus
#pengapuran
#nyerisendi

Tidak ada komentar