Breaking News

Mulai Januari 2023, Kawasan Serpong dan Pamulang Akan Diberlakukan One Way

Kemacetan panjang di Jalan Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel. Foto: net

WELFARE.id-Guna mengatasi kemacetan para pada pagi dan sore hari atau waktu jam berangkat dan pulang kerja serta jam pulang sekolah, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah jalan di wilayahnya. 

Pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) atau one way itu rencananya akan diberlakukan di wilayah Kecamatan Serpong dan Kecamatan Pamulang itu guna mengurangi dampak kemacetan parah. Aturan itu akan mulai efektif pada Januari 2023.

Untuk uji coba one way di sejumlah jalan di Kecamatan Serpong sudah diberlakukan ujicoba pada 20-24 Desember 2022 lalu. 

Uji coba one way di kawasan Serpong berlangsung di Simpang Tiga Buaran - Simpang Empat Viktor - Simpang Empat Muncul hingga Simpang Bundaran Tekno. 

Ada 2 opsi yang dijalankan di mana masing-masing dilakukan selama 2 hari sejak 20-24 Desember 2022.
Pada opsi pertama, seluruh kendaraan dari arah BSD menuju Simpang Empat Viktor dibuat satu arah melalui Jalan Buaran. 

Lalu, arus kendaraan yang menuju Simpang Empat Muncul dari arah Simpang Empat Viktor juga dibuat satu arah. Selanjutnya, kendaraan yang menuju Simpang Bundaran Tekno dari arah Simpang Empat Muncul dibuat satu arah melalui Jalan Raya Serpong. 

Opsi kedua, penerapan one way relatif sama di mana arus dari BSD dibuat satu arah menuju Simpang Empat Viktor melalui Jalan Raya Buaran. Begitu pun laju kendaraan dari Simpang Empat Muncul dibuat satu arah menuju Simpang Bundaran Tekno. 

Perbedaannya hanya pada Jalan Raya Puspiptek di mana kendaraan dari Simpang Empat Viktor menuju Simpang Empat Muncul tetap dibuka untuk 2 arah. 

"Dua-duanya sudah kita terapkan opsinya. Jadi kemarin kita sudah bersepakat dengan beberapa unsur OPD, kecamatan, Polres, dan lainnya. Kita sudah ada sebagian hasilnya, perbandingan dari 2 opsi tadi. Mudah-mudahan di awal tahun sudah ada informasi pemberlakuannya," ujar Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Tangsel Topan, Senin (2/1/2022). 

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Pamulang one way akan diberlakukan di wilayah Pondok Cabe yang direncanakan segera menyusul pada awal tahun 2023.

Upaya itu akan dilakukan bertahap melalui kajian bersama forum lalu lintas setelah pemberlakuan one way di kawasan Simpang Empat Viktor, Serpong. 

"Kita juga survei. Kita pantau lewat drone mana volumenya yang padat, yang krusial, dialihkan ke mana. Kita masih rencana, memang setelah ini (Serpong) selesai kita akan fokus di sana (Pondok Cabe)," katanya juga. 

Sebagaimana diketahui, pada pagi dan sore hari kerja kemacetan sulit dihindari di beberapa ruas jalan di Kota Tangsel yang kerap mengalami kemacetan parah. 

Bahkan, antrean kendaraan sampai mengular hingga viral di media sosial (medsos) yang banyak dikomentari warga karena Pemkot Tangsel tidak berbuat apa-apa guna mengatasi masalah kemacetan parah di daerahnya tersebut. (tim redaksi)


#pemkottangsel
#rekayasalalulintas
#kemacetanparah
#kecamatanpamulang
#kecamatanserpong
#ujicoba 
#dishubkotatangsel

Tidak ada komentar