Breaking News

Merasakan Gejala Keracunan, Segera Lakukan Tindakan Pertolongan Pertama Ini

Sakit perut. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Keracunan makanan bisa menimpa siapa saja. Makanan yang kurang bersih dan minuman terkontaminasi bisa menyebabkan keracunan.

Gejala umum orang keracunan makanan dan minuman, biasanya perut terasa mual, keringat dingin, demam, dan diare. Jika sudah merasakan gejala itu, sebaiknya langsung melakukan pengecekan secara medis.

Meski begitu, ada baiknya mengetahui tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan, apabila kamu atau keluargamu keracunan makanan dan minuman:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat menyadari tengah keracunan makanan, ada baiknya kita segera minum banyak air putih. Hal itu dilakukan untuk mengisi kembali cairan yang keluar saat muntah atau mengalami diare.

Dengan mengonsumsi banyak air putih, kita bakal terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan masalah lain muncul. Selain minum air putih, kita juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit dan banyak makan makanan berkuah.

Namun jangan minum air dalam jumlah banyak sekaligus, ya! Minumlah sedikit demi sedikit secara rutin agar tak mengalami mual.

2. Mengatasi Rasa Mual dan Muntah

Selain itu, saat mengalami keracunan makanan, kita perlu mengatasi rasa mual dan muntah. Kalau kita sudah mengalami muntah-muntah, ada baiknya hindari mengonsumsi makanan padat.

Cobalah untuk makan sesuatu yang ringan dan hambar, seperti biskuit, pisang, nasi, atau roti. Sedangkan untuk mengatasi rasa mual, gunakan minyak kayu putih atau minyak aromaterapi yang tak terlalu menyengat.

3. Minum Air Jahe

Selain menggunakan minyak kayu putih, kita bisa juga mengonsumsi air jahe. Air jahe bisa membantu mengatasi rasa enggak nyaman pada perut saat mengalami keracunan makanan.

Dengan mengonsumsi air jahe hangat, kita bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Bila kamu tak kuat dengan rasa pedas dari jahe, cobalah mengonsumsi sesuatu yang mengandung prebiotik seperti yoghurt.

4. Minum Oralit

Cairan oralit selain bisa menekan efek racun dalam tubuh. Jika penderita keracunan timbul efek diare maka bisa diberikan Oralit. 

Oralit berfungsi menggantikan glukosa, garam, dan mineral penting lain yang hilang akibat muntah dan diare.

5. Istirahat yang Cukup

Setelah melakukan beberapa penanganan dengan makanan dan minuman, kamu juga perlu beristirahat. Pastikan untuk mengurangi kegiatan fisik dan berikan lebih banyak waktu untuk tubuh beristirahat.

Dengan memperbanyak istirahat, tubuh bisa bekerja untuk melawan bakteri atau kuman yang masuk dalam tubuh.

Berbagai penangan yang diberikan sebelumnya bisa dilakukan untuk keracunan dengan gejala ringan. Sedangkan untuk gejala berat, kita tentu membutuhkan bantuan dokter.

Jadi, kalau kita sampai mengalami demam hingga 38 derajat celcius, nyeri hebat atau kram perut, diare lebih dari tiga hari, hingga tak bisa mengembalikan keseimbangan cairan tubuh, maka segera cari bantuan medis. (tim redaksi)

#keracunanmakanan
#demam
#diare
#keringatdingin
#gejalakeracunan
#muntah
#pertolonganpertamajikakeracunan

Tidak ada komentar