Breaking News

Mengenal Penyakit Sciatica, Penyakit yang Diderita Adele

Penyanyi Adele (instagram) 

WELFARE.id-Kabar kurang menyenangkan datang dari penyanyi Adele. Pelantun Easy on Me itu mengaku tengah menghadapi kondisi medis yang dikenal dengan istilah sciatica. Kondisi itu membuatnya mengalami nyeri panggul yang intens. 

Akibat kondisi tersebut, penyanyi Someone Like You ini terlihat terpincang-pincang di atas panggung saat tampil di Las Vegas pada malam tahun baru. "Saya harus banyak bergerak karena akhir-akhir ini rasa linu di panggul saya sangat parah," ujar penyanyi berusia 34 tahun itu, mengutip People, Senin (9/1/2023). 

Beberapa video memperlihatkan penyanyi berkebangsaan Inggris itu berjalan tertatih-tatih melintasi panggung saat tampil di Las Vegas, Amerika Serikat pada perayaan malam tahun baru 2023. 

Sciatica adalah kondisi nyeri yang menjalar sepanjang saraf skiatik, menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri ekstrem pada kaki hingga panggul. Mengutip Medical News Today, kondisi ini disebabkan oleh adanya iritasi pada saraf skiatik. 

Sciatica kerap disamakan dengan nyeri punggung umum. Namun, sciatica tak sekadar nyeri punggung biasa. Saraf skiatik adalah saraf terpanjang yang menjalar dari saraf tulang belakang (panggul) hingga bercabang menuju kaki. 

Penyebab Sciatica 

Sciatica sendiri sebenarnya merupakan gejala yang muncul pada beberapa kondisi medis berbeda. Peristiwa tergelincir menyumbang 90 persen penyebab sciatica. 

Selain tergelincir, ada juga penyebab lainnya seperti : 

- Penyempitan sumsum tulang belakang di punggung bagian bawah.
- Tumor di tulang belakang yang dapat menekan akar saraf skiatik.
- Infeksi yang memengaruhi tulang belakang.
- Cedera tulang belakang.
- Sindrom cauda equina, kondisi langka yang memengaruhi saraf di bagian bawah sumsum tulang belakang. 

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami sciatica, seperti: 

- usia 30-40an.
- pekerjaan yang mengharuskan mengangkat beban dalam waktu lama.
- gaya hidup sedentari atau jarang bergerak. 

Untuk gejala, gejala sciatica yang paling umum adalah rasa sakit menusuk yang muncul di sepanjang saraf skiatik. Mulai dari punggung bawah atau panggul melalui bokong dan turun ke kaki. 

Gejala umumnya mati rasa di sepanjang saraf hingga kesemutan di kaki dan jari kaki. Rasa sakit yang muncul akan bervariasi tergantung keparahan. Rasa sakit akan semakin parah jika kamu duduk terlalu lama. (tim redaksi) 

#adele
#sciatica
#apaitusciatica
#ciricirisciatica
#nyeripunggung


Tidak ada komentar