Breaking News

Lagi, Gunung Kerinci Erupsi Menyemburkan Abu Setinggi 750 Meter

Gunung Kerinci kembali erupsi Sabtu (14/1/2023). Foto: PVMBG

WELFARE.id-Gunung Kerinci yang berlokasi di perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Provinsi Jambi kembali mengalami erupsi untuk kesekian kalinya. 

Kepala Pos Pengamatan Gunung Kerinci, Irwan Syafwan, mengatakan erupsi Gunung Kerinci terbaru terjadi pada Sabtu (14/1/2023) pagi tepatnya pukul 06.58 WIB. Erupsi Gunung Kerinci menyemburkan abu setinggi 750 meter ke udara.

”Telah terjadi erupsi Gunung Kerinci yang berlokasi di perbatasan Jambi dan Sumatera Barat pada tanggal 14 Januari 2023 pukul 06:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 750 meter di atas puncak lebih kurang 4.555 meter di atas permukaan laut,” terang Irwan.

Dia juga menjelaskan kolom abu erupsi pada Sabtu pagi itu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 11 menit 40 detik.

”Jadi seismik terekam tremor menerus dengan amplitudo 1-3 mm dominan 2 mm saat Gunung Kerinci mengalami erupsi,” ujar Irwan juga. Untuk diketahui, saat ini Gunung Kerinci berada pada status level II atau waspada. 

Pos Pemantau Gunung Kerinci merekomendasikan supaya masyarakat di sekitar Gunung Kerinci baik yang di wilayah Jambi maupun Sumatra Barat, serta pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di Gunung Kerinci di radius 3 kilometer (km) dari kawah aktif.

Irwan juga menyarankan agar jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu maskapai penerbangan. (tim redaksi)


#gunungkerinci
#erupsi
#jambi
#sumaterabarat
#statuswaspada
#levelII
#waspadapenerbangan

Tidak ada komentar