Breaking News

Kelompok Bersenjata Serang Penjara Meksiko, 14 Orang Tewas dan 24 Napi Kabur

Penyerangan penjara di Ciudad Juarez (twitter) 

WELFARE.id – Kelompok bersenjata menyerang sebuah penjara Meksiko utara di kota Ciudad Juarez. Peristiwa nahas tersebut terjadi pada Minggu (1/1/2023) waktu setempat. "Mereka menyerang dengan menggunakan kendaraan lapis baja yang menyebabkan 14 orang tewas dan 24 narapidana melarikan diri," kata kantor kejaksaan negara bagian Chihuahua dikutip Senin (2/1/2023). 

Sejumlah pria bersenjata di atas kendaraan lapis baja ambil bagian dalam serangan ke penjara Meksiko itu, dan yang tewas termasuk 10 penjaga penjara dan agen keamanan, kata kantor itu dalam sebuah pernyataan. 

Kira-kira lima jam setelah serangan fajar dimulai, pasukan keamanan berhasil mengendalikan situasi. Namun terjadi juga perkelahian antarnarapidana di dalam penjara negara bagian yang luas, dekat perbatasan Meksiko dengan Amerika Serikat. 

Beberapa saat sebelum serangan, orang-orang bersenjata menembaki polisi kota di sepanjang boulevard terdekat, memicu pengejaran mobil yang berakhir dengan penyitaan kendaraan dan penangkapan empat orang, tambah pernyataan itu. 

Namun kemudian, penyerang di atas kendaraan Hummer menembaki sekelompok agen keamanan lain di luar penjara, katanya. 

Kekacauan kemudian terjadi saat kerabat beberapa tahanan menunggu kunjungan Tahun Baru 2023 di luar kompleks. 

Di dalam, beberapa narapidana yang melakukan kerusuhan membakar berbagai objek dan bentrok dengan penjaga penjara, lapor media setempat. 

Jaksa mengatakan, kerusuhan di penjara, di mana narapidana dari berbagai kelompok kriminal dan kartel narkoba ditempatkan di blok sel terpisah, juga menyebabkan 13 orang terluka. 

Empat orang ditahan, kata jaksa penuntut, tanpa menyebutkan apakah mereka adalah narapidana atau penyerang bersenjata. 

Rincian tidak tersedia tentang bagaimana 24 narapidana yang melarikan diri dapat melarikan diri. Jaksa di kota, yang berada di seberang perbatasan dari El Paso, Texas, mengatakan mereka sedang menyelidiki motif serangan itu. 

Ciudad Juarez adalah tempat bentrokan kekerasan selama bertahun-tahun antara pasukan keamanan dan saingan kartel narkoba Sinaloa dan Juarez, yang telah menewaskan ribuan orang selama dekade terakhir. 

Penjara itu sendiri telah menyaksikan banyak pertempuran dan kerusuhan, termasuk episode berdarah Maret 2009 yang menewaskan 20 orang. 

Pada Agustus 2022, bentrokan antara geng saingan menyebabkan tiga tahanan tewas. Menurut laporan Komisi Hak Asasi Manusia Negara pada Februari 2022, lebih dari 3.700 orang ditahan di penjara, di atas kapasitas maksimumnya yaitu 3.135. 

Pusat penahanan Meksiko, terutama yang dijalankan oleh negara, mengalami kepadatan dan kekerasan yang kronis, yang telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir karena konflik antarkelompok kriminal. (tim redaksi) 

#meksiko
#penyeranganpenjaradimeksiko
#ciudadjuarez
#meksikoutara
#chihuahua

Tidak ada komentar