Breaking News

Kantongi Tiket ke Semifinal Usai Taklukkan Filipina, Shin Tae Yong Janji Traktir Bulgogi Jika Juara AFF 2022

Skuad Garuda di laga Indonesia vs Filipina, Senin (2/1/2023). Foto: Instagram @pssi

WELFARE.id-Skuad Garuda sukses meraih kemenangan dengan skor 2-1 pada laga Indonesia vs Filipina, semalam. Sehingga memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Laga Timnas Indonesia vs Filipina digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, pada Senin (2/1/2023) pukul 19.30 WIB berlangsung kompetitif. Gol Timnas Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistiawan (21’) dan Marselino Ferdinan (43’).

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menjadi runnerup Grup A. Sebab, di laga lainnya, Timnas Thailand berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1. 

Thailand keluar sebagai juara Grup A. Pada awal babak pertama, Timnas Filipina langsung bermain lepas tanpa beban. 

Beberapa peluang berbahaya sukses membuat Nadeo Argawinata harus jatuh bangun menyelamatkan gawang Timnas Indonesia. Serangan cepat yang diterapkan oleh The Azkals  membuat Indonesia kewalahan. 

Situasi tersebut terus terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-10, Skuad Garuda masih belum bisa keluar dari tekanan. Pada menit ke-21, Timnas Indonesia akhirnya mampu mencuri keunggulan lewat tandukkan terukur Dendy Sulistyawan (21’). 

Penyerang Bhayangkara FC itu sukses memanfaatkan umpan lemparan ke dalam terukur dari Pratama Arhan, Timnas Indonesia unggul 1-0. Sesaat setelah itu, Nadeo Argawinata terlihat meringis kesakitan usai berbenturan dengan Stephan Schrock. 

Penjaga gawang berpostur 1,87 meter itu harus ditarik keluar dan digantikan oleh Syahrul Trisna pada menit ke-22. Walaupun demikian, Timnas Indonesia masih mengontrol jalannya pertandingan. 

Memasuki menit ke-30, Skuad Garuda terus melakukan tekanan ke pertahanan Filipina. Serangan pelan namun pasti diterapkan oleh Skuad Garuda.

Gol kedua pun tercipta. Adalah Marselino Ferdinan (43’) yang mampu mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan terukur. 

Pada akhirnya, Timnas Indonesia mampu menjaga keunggulan atas Filipina 2-0 hingga turun minum.

Di 10 menit akhir waktu normal pertandingan, Timnas Indonesia terus berusaha menambah koleksi golnya. Namun, alih-alih mencetak gol tambahan, gawang Skuad Garuda malah kebobolan di babak kedua. 

Tuan rumah memperkecil kedudukan lewat aksi Sebastian Rasmussen (83’). Shin Tae Yong pun kembali bereaksi dengan memasukkan Ilija Spasojevic dan Rachmat Irianto di menit ke-83 untuk menggantikan Dendy serta Marselino.

Meski begitu, kehadiran mereka belum bisa membuahkan gol tambahan untuk Skuad Garuda. Alhasil, skor 2-1 terus terjaga hingga peluit akhir dibunyikan.

Meski meraih kemenangan, pelatih Shin Tae Yong justru mengaku kecewa. "Sebetulnya bisa saja menang besar, tapi banyak peluang terbuang. Ada keegoisan Ricky Kambuaya saat sudah satu lawan satu dengan bek lawan dan tiga tembakan Ilija Spasojevic yang ditepis kiper," ujar pelatih Shin.

Namun, Shin Tae Yong tetap mengucapkan selamat ke pemain. "Tapi soal pertandingan sangat tidak puas dan tak senang," ucapnya blak-blakan.

Menurutnya, skuad Garuda banyak membuang kesempatan emas. "Mulai dari lawan Kamboja ada 3 peluang terbuang. Setiap pertandingan saya peringatkan jangan buang peluang, tapi masih terjadi, karena itu saya kecewa," imbuhnya.

Katrol semangat dengan bulgogi

Meski terlihat sering kecewa melihat permainan anak asuhnya, pelatih Shin terus memompa semangat Ricky Kambuaya dkk. Selain dengan strategi dan teknik, pelatih asal Korea Selatan itu berjanji akan mentraktir anak-anak asuhnya makanan khas Korea Selatan, bulgogi jika berhasil meraih gelar juara Piala AFF 2022. 

Hal tersebut diungkapkan sebelum sesi latihan menjelang laga melawan Filipina di matchday 5 Piala AFF 2022. "Nanti saya coba cek restoran Korea untuk mentraktir bulgogi," janji Shin Tae Yong kepada para pemain timnas, dikutip dari unggahan akun YouTube resmi PSSI (PSSI TV), Selasa (3/1/2023).

Bulgogi adalah daging sapi yang dipanggang dengan bumbu khas yang rasanya manis dan gurih.  Janji sang pelatih untuk mentraktir makanan khas kampung halamannya itu pun langsung disambut meriah oleh Asnawi Mangkualam dkk dengan tepuk tangan dan teriakan penuh semangat.

Janji itu diucapkan Shin Tae Yong untuk mengapresiasi pencapaian timnas Indonesia sepanjang 2022. Menurutnya, timnas Indonesia berhasil menutup 2022 dengan pencapaian yang baik, terlebih setelah Garuda belum pernah terpatahkan sayapnya selama berlaga di Piala AFF 2022.

"Kita berhasil mengakhiri 2022 dengan baik. Tentu kita ingin juara Piala AFF 2022 di tahun 2023," ungkap pelatih berusia 52 tahun itu. (tim redaksi)

#timnasindonesia
#indonesiavsfilipina
#pialaAFF2022
#shintaeyong
#skuadgaruda
#sepakbola
#rickykambuaya
#masuksemifinal

Tidak ada komentar