Breaking News

Kamu Si Insomnia? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur

Almond dan walnut. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Insomnia adalah penyakit gangguan tidur. Kaum urban banyak yang terkena sindrom gangguan tidur ini. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang bisa mengganggu aktivitas. Bahkan, insomnia juga bisa menimbulkan berbagai penyakit yang cukup berat jika kamu alami secara terus menerus. 

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit untuk tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Padahal, setiap orang setidaknya butuh waktu tidur sebanyak 7-8 jam sehari.

Ternyata, ada beberapa makanan yang bisa bikin nyenyak tidur. Nah, buat kamu yang ingin tidur lebih nyenyak, mungkin bisa coba untuk konsumsi beberapa makanan berikut ini sebelum tidur, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (7/1/2023):

1. Almond

Di urutan pertama ada almond yang menjadi salah satu makanan untuk membantu tidur lebih nyenyak. Almond sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga sebagai sumber nutrisi yang baik.

Almond bisa membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik karena bertindak sebagai sumber hormon melatonin. Melatonin sendiri adalah hormon yang bisa mengatur jam internal kita dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

2. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang rendah kalori dan juga sangat bergizi. Satu buah kiwi mengandung 42 kalori dan nutrisi termasuk vitamin C.

Buah ini memiliki folat dan potasium serta beberapa mineral. Menurut penelitian, kiwi juga bisa menjadi salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi sebelum tidur.

Hal ini karena kiwi dikaitkan dengan adanya serotonin yang bisa membantu otak mengatur siklus tidur seseorang.

3. Ikan berlemak

Ikan yang memiliki lemak, seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel merupakan ikan yang sangat sehat dan juga kaya akan vitamin D. Selain itu, ikan-ikan tersebut juga tinggi akan asam lemak omega 3 yang sehat, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan juga asam docosahexaenoic (DHA).

Kombinasi kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin D pada ikan berlemak inilah yang bisa meningkatkan produksi serotonin sebagai zat yang mengatur kualitas tidur kita.

4. Walnut

Makanan selanjutnya adalah walnut. Walnut merupakan kacang yang memiliki lebih dari 19 vitamin dan mineral, serta dan kaya akan magnesium, fosfor, mangan dan juga tembaga.

Sama seperti almond, walnut juga merupakan sumber makanan melatonin terbaik yang berkontribusi untuk tidur yang lebih nyenyak. (tim redaksi)

#tipsmakanbuatinsomnia
#insomnia
#tidurlebihnyenyak
#almond
#walnut
#kiwi
#penyakitgangguantidur

Tidak ada komentar