Breaking News

Jokowi Imbau Kepala Daerah Blusukan ke Pasar, Cek Langsung Kenaikan Harga Pangan!

Pasar tradisional. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Awal tahun, sejumlah harga pangan di beberapa pasar tradisional merangkak naik. Mulai dari ikan, telur, beras, aneka daging, hingga cabe dan bawang.

Untuk mengontrol kenaikan harga pangan di lapangan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tegas, meminta kepada kepala daerah agar turun langsung ke pasar memantau kenaikan harga-harga. Jokowi berharap kepala daerah tidak percaya laporan bawahan dengan dalih asal bapak senang (ABS).

"Saya minta seluruh Gubernur, Bupati, Wali Kota bersama-sama dengan Bank Indonesia terus memantau harga-harga barang dan jasa yang ada di lapangan. Sehingga selalu terdeteksi sedini mungkin sebelum kejadian besarnya itu datang yang bisa kita kejar dan kita antisipasi untuk kita selesaikan," kata Jokowi dalam arahannya pada Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia di Bogor, dikutip Rabu (18/1/2022).

Ia yang sempat mendatangi beberapa pasar, melihat adanya pptensi besar kenaikan harga beras, daging, hingga komoditas ayam ras. "Hati-hati dengan yang namanya kenaikan beras, kita sekarang memang harus bekerja detil seperti itu apa yang baik di lapangan. Beras, saya sudah dua hari yang lalu memperingatkan Bulog untuk masalah ini, karena di lapangan 79 daerah beras mengalami kenaikan yang tidak sedikit," bebernya.

Urusan telur di 89 daerah juga mengalami hal yang sama. "Bahkan, urusan kecil-kecil, urusan tomat 82 daerah mengalami kenaikan. Daging ayam ras 75 daerah mengalami kenaikan," imbuhnya.

Jokowi menegaskan sekali lagi, agar kepala daerah blusukan ke pasar. "Jangan sampai, udah nggak musim sekarang ini yang namanya bawahan ABS pak. "Baik pak, nggak ada yang naik pak, harga stabil pak". Nanti akan saya cek langsung lapangan," ucapnya lagi.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada badan pusat statistik (BPS) untuk memberikan data-data yang apa adanya kepada kepala daerah. "Jadi BPS di daerah informasikan angka-angka yang apa adanya kepada kepala daerah," harapnya. (tim redaksi)

#BPS
#presidenjokowidodo
#kepaladaerah
#hargapanganmelonjak
#lonjakanhargapangan
#hargadipasartradisional
#blusukankepasar
#stabilitashargapangan

Tidak ada komentar