Breaking News

Jelang Tahun Baru Imlek, 5 Kawasan Pecinan Ini Wajib Masuk List Kamu!

Suasana Pantjoran PIK, Jakarta. Foto: Instagram @euniqe_photo

WELFARE.id-Tahun Baru Imlek tinggal hitungan hari. Buat kamu yang ingin merasakan suasana kemeriahan Tahun Baru Imlek, boleh banget datang ke objek wisata dan kuliner berikut ini.

Semua lokasinya berada di kawasan pemukiman Tionghoa aka Pecinan. Di sana, aneka lampion serba merah dan suasana khas budaya Tionghoa bisa kamu temukan. Yuk, intip rekomendasi lokasinya:

1. Pantjoran PIK

Beberapa tahun belakangan ini, Pantai Indah Kapuk (PIK) sedang ramai diminati oleh pengunjung dari berbagai daerah. Di sini ada beberapa area, seperti Cove at Batavia, Central Market PIK, Urban Farm PIK, Pantjoran PIK, dan lainnya

Salah satunya yang menarik di PIK, yakni Pantjoran Chinatown PIK. Lokasinya ada di Kamal Muara, Jakarta Utara. Pantjoran PIK.

Pantjoran PIK sudah buka dari jam 07.00 WIB sampai 23.00 WIB. Area ini terinspirasi dari kawasan kampung China alias Pecinan di Glodok.

Di Pantjoran PIK kamu bisa merasakan sensasi seperti sedang ada di Tiongkok. Jadi jangan heran, nuansa oriental kental sekali di sini, mulai dari bangunan, ornamen, sampai paduan warna merah dan emas yang digunakan.

Di sini juga tersedia berbagai macam kuliner khas Chinese Food, dari yang halal hingga yang nonhalal. Jadi, buat kamu yang Muslim dan hendak kulineran di sana, wajib tanya dulu ya sebelum memesan.

2. Kya-Kya Surabaya

Kya-Kya merupakan salah satu kawasan pecinan yang terletak di Jl Kembang Jepun, Surabaya. Bagi kamu warga Surabaya, wajib datang ke Kya-Kya saat perayaan Imlek. Di Kya-Kya banyak dijumpai jajanan khas Tionghoa.

Saat memasuki kawasan Kya-Kya, kamu akan melewati gapura berhias naga dan patung singa di sisi kiri dan kanan gerbang. Kawasan Kya-Kya juga banyak menyuguhkan bangunan berarsitektur khas Tionghoa, salah satunya Masjid Cheng Ho.

3. Singkawang, Kalimantan Barat

Singkawang merupakan kawasan pecinan yang berada di Kalimantan Barat. Kawasan pecinan di Singkawang ini menjadi yang terbesar di Indonesia.

Mayoritas penduduk yang tinggal di Singkawang adalah Tionghoa dan sudah lama menetap disana. Di Singkawang, adat istiadat dan budayanya masih kental sekali seolah-olah berada di negeri Tiongkok.

Banyak ragam perayaan budaya Tionghoa yang digelar di Singkawang apalagi saat perayaan Imlek hingga hari ke-15 sesudahnya atau biasa disebut Cap Go Meh.

4. Wilayah Kauman, Semarang

Kawasan pecinan yang ada di Semarang dan wajib dikunjungi apabila perayaan Imlek yaitu di Kauman. Banyak ragam perayaan budaya Tionghoa yang digelar saat Imlek, salah satunya di Pasar Semawis.

Pasar Semawis dibuka setiap akhir pekan. Di pasar ini banyak ditemukan ornamen khas Imlek dan pertunjukan barongsai.

Di Kauman, para pengunjung bisa menjumpai sembilan klenteng, salah satunya yang terkenal yaitu Klenteng Tay Kak Sie.

5. Bukit Nagoya, Batam

Bukit Nagoya merupakan kawasan pecinan yang berada di Batam dan termasuk sentralisasi komunitas Tionghoa yang menawarkan banyak jejak arsitektur tua bersejarah. Kawasan pecinan di Batam ini termasuk salah satu yang populer di Indonesia, karena menawarkan jejak arsitektur tua bersejarah.

Beragam kuliner khas juga banyak dijumpai di kawasan pecinan kampung Nagoya. (tim redaksi)

#pecinan
#chinatown
#destinasiwisata
#tahubaruimlek
#budayakhastionghoa
#kulinerkhastionghoa
#lampion

Tidak ada komentar