Breaking News

Jelang Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022, Media Vietnam Puji Kiper Da Van Lam

Kiper timnas Vietnam, Dang Vang Lam. Foto: net

WELFARE.id-Gelaran leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia dan Vietnam bakal digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. 

Timnas Vietnam menjadi salah satu satu tim dengan catatan paling impresif di gelaran Piala AFF 2022. Tampil di lima partai Piala AFF 2022, the Golden Dragons-sebutan timnas Vietnam belum kebobolan satu gol pun. 

Terakhir, Vietnam mampu menahan imbang timnas Indonesia, tanpa gol kala melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Jumat (6/1/2023). 

Hasil ini membawa Vietnam menajamkan rekornya di turnamen sepak bola paling bergengsi antaranegara Asia Tenggara tersebut. 

Vietnam menjadi tim pertama sepanjang sejarah Piala AFF yang mampu mencatatkan clean sheet dalam enam laga secara beruntun. 

Selain lima partai di gelaran Piala AFF 2022, Vietnam tercatat berhasil menahan imbang Thailand, tanpa gol pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020. 

Sebelumnya, rekor ini dimiliki Vietnam saat mencatatkan clean sheet di lima laga secara berutun di arena Piala AFF, tepatnya saat menang, 1-0, di laga final Piala AFF 2018 dan mencatatkan tidak kebobolan di empat partai penyisihan grup di edisi selanjutnya, Piala AFF 2020. 

Keberhasilan Vietnam mencatatkan clean sheet di enam partai secara beruntun ini tidak terlepas dari performa apik Dang Vang Lam di bawah mistar gawang The Golden Dragons. Penjaga gawang berusia 29 tahun itu dipercaya tampil di enam laga terakhir timnas Vietnam. 

"Tidak hanya berhasil membawa Vietnam tidak kebobolan di enam laga tersebut, Lam juga menjadi penjaga gawang dengan catatan clean sheet terlama dalam sepanjang sejarah gelaran Piala AFF,'' tulis laporan media asal Vietnam, VnExpress. 

Dengan catatan ini, pemain kelahiran Moskow, Rusia, itu mengungguli sejumlah kiper kenamaan di pentas Piala AFF, seperti Hendro Kartiko, yang mencatatkan clean sheet di Piala AFF 2004, hingga penjaga gawang Thailand, Kittisak Rawangpa, pada Piala AFF 2008. 

Sepanjang 2022, Lam diketahui telah delapan kali memperkuat timnas Vietnam dan selalu mampu mencatatkan clean sheet dalam setiap pertandingan. 

"Apabila ditambah dengan catatan di level klub, Lam telah mencatatkan 16 clean sheet dari 19 penampilan terakhir,'' lanjut laporan VnExpress tersebut. 

Pemain yang sempat menimba ilmu sepak bola bersama Spartak Moskow itu tercatat melakukan dua penyelamatan gemilang pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022, kontra Indonesia. 

Lam pun diharapkan bisa mengulangi penampilan terbaiknya itu saat Vietnam menjamu Garuda di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam pada Senin sore (9/1/2023). (tim redaksi)

#sepakbola
#pialaaff2022
#semifinal
#legkedua
#stadionmydinh
#tidakpernahkebobolan

Tidak ada komentar