Breaking News

Ini Lima Jenis Ular yang Sering Masuk ke Rumah

Penemuan ular di Pondok Ranggon (instagram @humasjakfire) 

WELFARE.id - Memasuki musim hujan, berbagai serangga hingga hewan liar kerap muncul di sekitar rumah. Mulai dari laron, kecoa, bahkan ular bisa datang ke sekitar rumah. 

Mendengar kata ular, Anda tentu takut dan mungkin bergidik ngeri. Apalagi ular memiliki banyak jenis, mulai dari yang berbisa, sangat berbisa hingga tidak berbisa. Meskipun tidak berbisa ular tetap berbahaya dan harus diwaspadai. 

Dari banyak jenis ular, ternyata ada beberapa ular yang paling sering datang ke rumah. Berikut ini beberapa jenis ular yang kerap muncul di sekitar rumah. Mulai dari yang tidak berbisa, berbisa hingga sangat berbisa. Berikut beberapa ular yang biasanya masuk ke rumah : 

1. Ular hijau buntut merah 

Ular jenis ini berbisa dan cukup berbahaya. Ular ini memiliki berbagai macam nama, tergantung wilayah yang menemukannya. Di daerah Sunda ular ini disebut oray majapahit, di Lombok dikenal dengan sebutan ular sangit. 

Ular ini memiliki warna hijau di bagian kepala hingga atas tubuhnya. sementara bagian bawah atau ekornya agak kekuningan dan kemerahan di bagian atas ekor. 

Ular ini senang berdiam di semak belukar. Makanya, paling aman membersihkan area rumah agar tidak jadi sarang ular ini. 

2. Ular Pucuk 

Ular ini memiliki ciri utama bertubuh ramping. Namanya diambil dari bentuknya yang memang mirip pucuk tanaman yang panjang dan hijau cerah. 

Kepalanya berbentuk runcing, seperti anak panas. Ekornya panjang dan kerap mencengkeram ranting. Ular ini memiliki taring belakang yang bisa mengeluarkan bisa rendah atau tidak terlalu beracun. 

3. Ular Tanah 

Ular tanah adalah jenis ular yang cukup agresif. Beberapa daerah menyebutnya dengan oray lemah, ular edor hingga bandotan bedor. 

Badannya tidak terlalu tinggi atau panjang tapi cukup gemuk. Warna ular ini didominasi warna coklat agak merah. Ular ini biasanya ada di tanah, melingkar dan tampak pasif. Tapi sebenarnya dia adalah jenis ular yang senang menyergap mangsa. 

Biasanya ular jenis ini hidup di semak-semak yang lembab dan pemukiman. Ada baiknya membersihkan semak-semak di sekitar rumah agar tidak dihuni ular ini. 

4. Ular Welang 

Ular ini secara umum memiliki panjang yang mampu mencapai 2,5 meter. Secara  spesifik ular ini memiliki ciri-ciri warnanya yang belang-belang mencolok seperti kuning hitam atau kuning putih, tanda lainnya ada pada kepalanya yang cenderung berbentuk lebar dan gepeng. 

Ular ini aktif berburu di malam hari, sedangkan di siang hari lebih banyak berdiam di bawah tumpukan kayu, lubang atau saluran air. 

5. Ular Sanca 

Di perkotaan, masih sering ditemukan ular sanca masuk rumah. Dimusim penghujan ini petugas Damkar sering mendapat panggilan untuk mengevakuasi ular jenis ini. Hal ini karena banjir atau habitat yang terganggu. 

Rata-rata ular sanca masuk rumah memiliki panjang 3 meter hingga 5 meter. Meskipun tidak berbisa, namun lilitan ular yang satu ini cukup berbahaya. (tim redaksi) 

#ular
#ularyangseringmasukrumah
#musimhujan
#ularsanca
#ularhijau

Tidak ada komentar