Breaking News

Ini Empat Hal yang Harus Dilakukan Suami Cegah Istri Burnout

Ilustrasi keluarga bahagia. Foto: net

WELFARE.id-Burnout merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi stres yang dialami oleh seorang istri yang dipicu oleh pekerjaan. Kondisi ini menyebabkan kelelahan secara fisik, mental, dan emosional.

Tidak hanya pekerjaan kantor, pekerjaan rumah termasuk mengasuh dan mendidik anak juga dapat menyebabkan burnout bagi orang tua, khususnya istri.

Karena itu, Psikolog Grace E. Samave membagikan kiat untuk suami agar dapat memberikan dukungan yang tepat dan mencegah sang istri mengalami burn out akibat mengasuh anak.

1. Hadir dan Tingkatkan Perhatian
Grace menyampaikan hadir secara penuh dimaksudkan pada kehadiran yang tidak hanya sebatas fisik, tetapi juga emosional. Ketika sedang berkumpul, dianjurkan untuk sang ayah tidak berfokus pada pekerjaan atau gadgetnya.

Selain itu, ayah juga harus mampu memberikan perhatian baik kepada sang bunda maupun anak. Dengan begitu, beban emosional yang ditanggung sang bunda akan berkurang dan tidak menyebabkan kelelahan akut.

2. Inisiatif Penuhi Kebetuhan Istri
Sudah semestinya suami memberikan perhatian ketika istri mengalami kesulitan. Ketika hal itu terjadi, ayah harus sigap membantu dan memenuhi kebutuhan sang bunda.

3. Komunikasi Dua Arah
Komunikasi menjadi hal penting dalam pengasuhan anak, termasuk pencegahan burnout pada sang istri.

Dengan komunikasi dua arah, baik dari ayah maupun bunda bisa dapat memiliki pemahaman yang sama satu sama lain dan akan memudahkan proses pengasuhan anak.

4. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental
Selain mencegah bunda mengalami burn out, ayah juga harus menjaga kesehatan fisik dan mental pribadinya. Jangan sampai keduanya justru mengalami burnout.

Dalam survei yang dilakukan Lean In dan McKinsey & Company pada 2021 menunjukkan wanita dengan peran ibu lebih mudah burnout dibandingkan dengan pria. Oleh sebab itu, peran ayah untuk mendukung dan mencegah bunda mengalami burnout sangat dibutuhkan. (tim redaksi)


#famili
#burnout
#komunikasi
#suami-istri
#perhatianlebih
#kelelahanfisik
#kelelahanmental

Tidak ada komentar