Breaking News

Ini Deretan Tanaman yang Dipercaya Bawa Hoki

Tanaman yang dipercaya pembawa hoki 

WELFARE.id-Tahun Baru Imlek sebentar lagi. Di momen perayaan ini, biasanya tak lepas dari berbagai pernak-pernik dan dekorasi yang membawa keberuntungan. Salah satunya adalah dekorasi berasal dari tanaman pembawa hoki.  

Tak hanya lampion, angpao, maupun hiasan dinding, beberapa jenis tanaman hias dan bunga pun biasanya banyak dipilih untuk ikut memeriahkan Imlek. Menurut Feng Shui, ada sejumlah tanaman pembawa hoki atau keberuntungan pada Tahun Baru Imlek 2023. 

Beberapa jenis tanaman pembawa hoki saat Imlek ternyata banyak diburu masyarakat Tionghoa karena memiliki makna pembawa keberuntungan. Yuk, disimak! 

1. Lucky Bamboo (Bambu Keberuntungan) 

Sesuai namanya, bambu ini dioercaya bisa membawa hoki bagi yang memilikinya, sehingga tanaman ini paling banyak diburu ketika perayaan Imlek. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman hias yang kerap dipakai sebagai dekorasi di halaman rumah saat Imlek. 

Dalam Feng Shui, bambu rezeki memiliki lima elemen alam di dalamnya. Kelima elemen tersebut yakni udara, air, tanah, logam dan api. Karena itu, tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan di setiap aspek kehidupan seseorang. 

Tanaman yang berbatang tegak biasanya mudah disusun rapi dalam satu tingkatan. Bambu rezeki cocok dipilih karena mudah dirawat dan juga bagus untuk pemula yang belajar berkebun. Banyak yang percaya bahwa menambahkan pita merah dan ornamen dekoratif emas akan membuat bambu rezeki penuh keberuntungan. 

2. Bunga Mei Hwa (Plum Blossom) 

Ketika perayaan Imlek kamu pasti sering menemukan bunga ini dipajang di berbagai kelenteng. Bunga Mei Hwa juga sangat mirip dan bahkan satu jenis dengan bunga Sakura. Pohon bunga Mei Hwa sanggup tumbuh dan berbunga di musim dingin atau ketika salju turun. Kemampuan itulah yang menjadikan jenis bunga ini dipercaya sebagai lambang keberuntungan. 

Bunga ini dipercaya dapat membawa kemakmuran, keberuntungan, kebahagiaan, dan juga kesejahteraan bagi keluarga yang memiliki bunga ini. Selain sebagai simbol keberuntungan, bunga ini juga dijadikan sebagai obat karena memiliki antioksidan alami yang membantu menjaga sistem imun tubuh dan baik untuk kulit. 

Di Indonesia sendiri bunga Mei Hwa kebanyakan terbuat dari plastik atau imitasi, tetapi keberadannya tetap bisa memeriahkan perayaan Imlek. 

3. Pohon Jeruk Mandarin 

Memiliki pohon jeruk mandarin juga dipercaya sebagai lambang keberuntungan. Tanaman pembawa hoki ini, dalam bahasa Kanton disebut sebagai gam gat sue, dimana pelafalannya terdengar seperti kata emas dalam bahasa serupa.  

Menjelang Imlek, jeruk mandarin maupun pohonnya adalah salah satu tanaman yang paling diincar untuk perayaan Imlek. Pohon ini biasanya dipajang di rumah-rumah atau vihara dan digantungkan angpao. Pohon jeruk mandarin memiliki makna sebagai pembawa keberuntungan. Warna jingganya bermakna kehidupan yang cerah dan merupakan sumber energi positif. 

4. Anggrek  

Memiliki nama lain hu die lan in. Ada dua jenis Anggrek yang biasanya digunakan sebagai hiasan saat imlek, yakni Anggrek Phalaenopsis dan Cymbidium merah. Keduanya dipercaya sebagai lambang keberuntungan karena bentuknya yang indah dan elegan.  

Tanaman yang memiliki bentuk layaknya sayap kupu-kupu ini, merupakan bunga yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. Selain itu tanaman pembawa kebentungan ini juga sebagai simbol cinta, hubungan baik, kebahagiaan, dan kesuburan. Untuk mendapatkan keberuntungan yang melimpah, kamu harus menempatkan bunga anggrek di arah utara. 

5. Tanaman Anthurium 

Tanaman pembawa hoki selanjutnya adalah Tanaman Anthurium atau disebut juga Flamingo Lily, memiliki bunga berwarna merah atau pink yang indah. Tak hanya dari keindahannya, anthurium juga melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. 

Tak heran bila saat Imlek, tanaman ini kerap dijadikan sebagai hadiah. Tanaman Anthurium juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan racun pada udara di sekitar. 

6. Money Plant 

Merupakan tanaman pembawa hoki dan rezeki yang paling populer menurut Feng Shui. Selaras dengan namanya, tanaman yang disebut juga sebagai Devil's Ilvy dipercaya bisa meningkatkan kebutuhan finansial bagi pemiliknya. 

Tak heran bila saat Perayaan Imlek tiba, tanaman ini kerap dijadikan sebagai hadiah. Tanaman Anthurium juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan racun pada udara di sekitar rumah. Sehingga, cocok untuk ditaruh di beberapa sudut rumah. 

7. Jade Plant 

Jade plant (Crassula ovata) merupakan tanaman yang memiliki banyak sebutan. Selain jade plant, tanaman ini juga dikenal dengan nama tanaman giok, tanaman uang, atau tanaman dolar. 

Daun tanaman hias ini berbentuk bulat seperti koin. Bentuknya yang seperti uang tersebut dalam feng shui melambangkan kekayaan, kemakmuran, dan keberuntungan. 

Perawatan untuk tanaman ini terbilang mudah, cocok untuk pemula. Tanaman ini juga bisa kamu simpan di luar atau dalam ruangan, tetapi menurut para ahli sebaiknya kamu menghindari menempatkannya di kamar mandi. 

8. Bunga Lili 

Bunga lili atau bunga bakung juga merupakan tanaman yang selalu dijumpai saat Perayaan Imlek. Warna putih yang mendominasi dan bentuknya yang indah membuat jenis bunga ini dipercaya sebagai lambang kesucian, kebaikan, serta keberuntungan. 

Selain sebagai tanaman pembawa keberuntungan, lili juga bermanfaaat menyerap zat beracun di udara sekitarnya.  

9. Bungan Krisan atau Serunai 

Bunga yang kerap kita jumpai pada hiasan pernikahan ini juga termasuk dalam tanaman pembawa hoki saat Imlek. Sama seperti Mei Hwa, bunga ini juga salah satu tanaman pembawa hoki yang banyak dibeli dan selalu ada saat Perayaan Imlek.  

Bungan Krisan memiliki banyak warna, dengan makna yang berbeda antara satu dengan lainnya. Misalnya warna merah, melambangkan cinta, putih melambangkan kesetiaan, serta kuning atau jingga melambangkan keceriaan dan kebahagiaan. 

Bunga krisan juga dipercaya sebagai tanaman pembawa hoki, kekayaan, umur yang panjang dan kemakmuran. Maka itu, banyak orang yang memburunya menjelang imlek ini. Kamu dapat memilih bunga krisan warna emas dan ungu cerah, karena diyakini akan membawa keberuntungan untuk musim ini. 

10. Pohon Bonsai 

Sejak lama pohon bonsai dikenal sebagai tanaman pembawa hoki,karena bonsai merupakan tanaman yang sempurna untuk memulihkan keseimbangan energi di rumah. 

Pohon bonsai membantu menghadirkan elemen kayu ke dalam rumah, yang cukup sulit dicapai dengan tanaman lain. 

Pakar Feng Shui merekomendasikan agar pohon bonsai ditempatkan di sudut timur, selatan, dan tenggara ruangan.  

11. Sirih Gading 

Salah satu tanaman pembawa hoki adalah sirih gading. Tanaman ini dipercaya bisa membawa kekayaan dan keberuntungan karena bisa mengatasi masalah keuangan. Sirih gading juga bermanfaat untuk kesehatan karena mampu membersihkan udara dan menyaring racun dari udara. 

Bagi Anda yang ingin menanam tanaman ini di rumah, cara perawatannya cukup mudah. Anda bisa menanam pada pot dan merawat ini dengan media tanam air. 

12. Lidah Mertua 

Tanaman yang satu ini memang sudah banyak dimiliki oleh pecinta tanaman. 

Ternyata di tahun 2023, tanaman ini mampu menjadi pembawa hoki untuk orang-orang yang memeliharanya. 

Jika ditempatkan di posisi yang tepat, tanaman ini dapat membawa keberuntungan karena mampu menyerap gas beracun dari udara dan menghilangkan racun. (tim redaksi) 

#tanamanhoki
#imlek
#fengshui
#tanamanpembawarezeki
#hiasanimlek
#perayaanimlek

Tidak ada komentar