Breaking News

Hari ini, Anwar Ibrahim Berkunjung ke Indonesia Selama Dua Hari

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertolak ke Indonesia (bernama) 

WELFARE.id-Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan melakukan lawatan kenegaraan pertamanya ke Indonesia mulai hari ini, Minggu, (8/1/2023). Anwar dijadwalkan tiba di Jakarta pada siang ini pukul 14.00 WIB, dan mengakhiri anjangsana singkatnya pada Senin petang, 9 Januari 2023. 

Setibanya di Jakarta, Anwar tak bisa bersantai. Ia telah diagendakab menghadiri upacara serah terima Letter of Intent (LOI) dan pertukaran Memorandum of Understanding (MoU). 

Ia kemudian menuju Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta. Pada malam hari, di kedutaan, Anwar akan makan malam bersama Diaspora Malaysia, kemudian kembali ke hotel. 

Pada Senin pagi, Anwar akan mengunjungi Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo pada pukul 10.00 WIB. Sebelum pergi ke Bogor, Anwar akan terlebih dahulu ke Taman Makam Pahlawan Kalibata. 

Di Bogor, Anwar akan disambut dengan upacara penyambutan resmi, sesi foto, kemudian kedua pemimpin akan melakukan penanaman pohon. Setelah itu, Jokowi dan Anwar akan melakukan pembicaraan di beranda istana, dan setelah itu menyaksikan penyerahan LOI sebelum memberikan keterangan pers bersama dan jamuan resmi. 

Saat bertemu nanti, berdasarkan dialog kedua menteri luar negeri pada akhir Desember, Jokowi dan Anwar diharapkan akan membahas isu-isu yang berkaitan dengan demarkasi perbatasan, perdagangan, tenaga kerja hingga kelapa sawit. Kedua pemimpin juga kemungkinan merundingkan situasi regional, seperti Myanmar yang masih dilanda konflik. 

Setelah bertemu dengan Jokowi di Istana Bogor, Anwar akan kembali ke Jakarta, dan akan memberikan kuliah umum soal Hubungan Strategis Indonesia dan Malaysia di Menara Bank Mega, Kapten Tendean, Mampang Prapatan. Usai dari Tendean, dia akan kembali lagi ke hotel dan memberikan keterangan pers sebelum pulang pada pukul 17.00 WIB. 

Mengutip keterangan Kementerian Luar Negeri Malaysia, mewartakan, total delapan Nota Kesepahaman (MoU) antara sektor swasta Malaysia dan Indonesia yang diperkirakan bernilai RM1,16 miliar atau sekitar Rp4,11 triliun akan ditandatangani di sela-sela kunjungan tersebut. 

Pada 2021, Indonesia adalah mitra dagang global terbesar ke-7 Malaysia dan ke-3 di ASEAN dengan nilai perdagangan RM95,31 miliar atau sekitar Rp 337,806 triliun. Untuk periode Januari-November 2022, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-6 Malaysia secara global, dan mitra dagang terbesar ke-2 di ASEAN dengan total perdagangan meningkat sebesar 41,7 persen senilai RM120,26 miliar atau sekitar Rp427.442 triliun. 

Turut mendampingi Anwar Ibrahim dalam lawatan perdananya Menteri Luar Negeri Zambry Abdul Kadir, yang sebelumnya telah lebih dulu mengunjungi Jokowi pada Jumat (30/12/2022). 

Dalam kunjungan Zambry, Indonesia dan Malaysia sepakat untuk memperkuat ekonomi kedua negara lewat konektivitas laut dan udara. 

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa ruang untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi kedua negara masih terbuka lebar. 

"Oleh karena itu, kami sepakat untuk meningkatkan upaya kerja sama perdagangan dan investasi antara lain dengan memperkuat konektivitas laut dan udara melalui koridor ekonomi Dumai-Malaka dan Bandara Kualanamu," ujar Menlu Retno Marsudi saat menyambut Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir, Kamis (29/12/2922). (tim redaksi

#pmmalaysia
#anwaribrahim
#pmmalaysiakeindonesia
#anwaribrahimkeindonesia
#negaraserumpun
#kunjungankenegaraanpmmalaysia

Tidak ada komentar