Breaking News

Harga Emas Tahun Ini Diprediksi Bakal Tertinggi Sepanjang Sejarah

Ilustrasi emas yang makin mengkilap. Foto: net

WELFARE.id-Harga emas makin mengkilap. Diperkirakan harga emas akan melampaui rekor tertingginya, USD2.000/troy ons tahun ini. Bahkan, pengamat menilai emas bisa melesat hingga USD2.100/troy ons.

"Saya melihat potensi emas untuk naik ke $
USD2100 atau lebih tahun ini," ungkap Analis DFCX Futures Lukman Leong dikutif dari CNBC Indonesia pada Kamis (19/1/2023).

Menurutnya juga, sentimen ketidakpastian geopolitik yang disebabkan oleh perang Ukraina-Rusia telah membuat Bank Sentral Dunia terutama Tiongkok (China, Red) mengalihkan cadangan devisa mereka ke emas.

"Perlambatan ekonomi dan resesi global tahun ini akan memicu permintaan safe haven emas," katanya juga.

People's Bank of China (PBoC) sendiri telah menurunkan kepemilikan obligasi AS dalam jumlah besar beberapa tahun terakhir. Menurut Julius Baer, bank swasta Swiss, kepemilikan obligasi dipangkas jadi USD2 miliar dari lebih dari USD150 miliar pada tahun 2012.

Lukman Leong menambahkan, selain sentimen perlambatan ekonomi global, Harga emas bisa menguat dengan pembukaan kembali ekonomi di Tiongkok. Pasalnya, permintaan impor emas diperkirakan akan meningkat tajam.

Meski begitu, Pada perdagangan Rabu (18/1/2023) pukul 06:10 WIB, harga emas dunia di pasar spot juga nyaris tidak bergerak dan melemah tipis 0,006 persen ke posisi USD1.908,27 per troy ons.

Pelemahan pagi ini memperpanjang tren negatif emas menjadi melemah selama tiga hari terakhir. Selama tiga hari tersebut, emas melemah 0,62 persen.

Namun, Goldman Sachs mengatakan ada harapan jika perayaan Hari Raya Tahun Baru China atau Imlek pada akhir pekan ini bisa meningkatkan pembelian emas.

"Kami memperkirakan harga emas masih bisa menguat ke level USD1.950 pada 2023," tutur Goldman Sachs seperti dikutip dari CNBC International. (tim redaksi)

#hargaemas
#hargatertinggi
#cadanganemas
#cadangandevisa
#perlambatanekonomi
#krisisglobal

Tidak ada komentar