Breaking News

Harga Cabai Merah di Tanah Air Tertinggi di Kalsel Tembus Rp120,65 Ribu per Kg

Pedagang menata cabai merah daganganya di salah satu pasar di Kota Banjarmasin. Foto: net

WELFARE.id-Usai perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, harga cabai di sejumlah provinsi di Tanah Air kembali melambung. Jika sebelumnya harga cabai karena konsumsi meningkat jelang hari raya, kali ini kenaikan harga karena cuaca buruk. 

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional mencatat rata-rata harga cabai merah (per kg) harian di pasar modern di beberapa provinsi telah menyentuh angka Rp74,09 ribu per kilogram (kg) pada Jumat (6/1/2023).

Secara keseluruhan, rata-rata harga cabai minggu ini naik sekitar 3 ribu rupiah/kg dibandingkan rata-rata minggu sebelumnya yang tercatat dengan harga Rp71,81 ribu per kg.

Dari seluruh Inddonesia, harga cabai merah harian di pasar modern Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi yang termahal se-Indonesia dengan harga jual Rp 120,65 ribu per kg. 

Dibandingkan sebulan lalu, harga cabai merah di provinsi ini tidak mengalami perubahan. Harga jual cabai tertinggi yang pernah dicatat di wilayah ini adalah Rp.135,65 ribu per kg. 

Sementara di pasar modern Papua, harga cabai merah dijual seharga Rp117 ribu per kg dan menjadi yang termahal kedua di dalam negeri.

Kemudian di urutan ketiga, harga cabai merah di DKI Jakarta yang mencapai harga Rp99.100 per kg, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rp94.400 per kg, dan Kalimantan Timur (Kaltim) Rp93.200 per kg.

Sementara itu, terdapat 17 provinsi dengan penjualan harga cabai merah di bawah rata-rata nasional. Tiga provinsi dengan harga jual cabai merah terendah adalah Aceh, Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Barat (Sulbar). (tim redaksi)


#cabai
#hargamelonjak
#stokberkurang
#cuacaekstrem
#kalimantanselatan
#pusatinformasihargapanganstrategisnasional

Tidak ada komentar