Breaking News

Hampir 1 Miliar Serangan Siber Hantam Indonesia selama 2022, BSSN: Turun dari Tahun Lalu!

Ilustrasi serangan siber. Foto: net

WELFARE.id-Serangan siber terhadap Indonesia masih terus terjadi. Meski Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan anomali trafik atau insiden serangan siber di Indonesia sepanjang 2022 turun dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan dalam paparanya total anomali trafik serangan siber sepanjang 2022 di Tanah Air mencapai 976.429.996 kali.

Jenis serangan di antaranya berupa malware 56,84 persen, kebocoran data 14,75 persen, dan aktivitas trojan sebanyak 10,90 persen.

"Serangannya hampir 1 miliar. Ini anomali-anomali ancaman yang ada di ruang siber," ujarnya dalam acara ITSEC Cyber Security Summit 2023, di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Sementara itu, Juru Bicara BSSN Ariandi Putra menjelaskan insiden serangan siber secara angka memang turun. Namun beberapa kebocoran data di tahun 2022 merupakan pengulangan dari kebocoran sebelumnya.

"Ada beberapa yang kita temukan dan ternyata pengulangan dari kasus dugaan kebocoran data sebelumnya," ujarnya kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Sebelumnya, BSSN mencatat terdapat lebih dari 1,65 miliar anomali trafik keamanan siber pada periode Januari-Desember 2021. Tapi jumlah itu menurun selama 2022 lalu.


"Kami memantau dari hasil monitoring di sepanjang 2021 ada ancaman anomali trafik yang besar sekali, yaitu lebih dari 1,65 miliar serangan siber," ujar Wakil Kepala BSSN Irjen Luki Hermawan dalam peluncuran laporan tahunan monitoring keamanan siber 2021 pada Rabu (30/3/2022) lalu.

Dari total anomali trafik tersebut paling banyak berasal dari infeksi malware, yakni sebesar 62 persen. Selanjutnya berasal dari aktivitas trojan sebesar 10 persen dan information gathering (pengumpulan informasi untuk mencari celah keamanan) sebesar 9 persen.

Jika dibandingakan dengan tahun lalu, persentase infeksi malware pada anomali trafik tersebut juga masih jadi temuan yang terbilang tinggi.

Hal itu diterjemahkan dalam bentuk ancaman infeksi maupun pencurian informasi terhadap berbagai aktivitas masyarakat Indonesia di internet. (tim redaksi)


#serangansiber
#anomaliserangan
#badansandidansibernasional
#bssn
#malware
#kebocorandata
#trojan

Tidak ada komentar