Breaking News

Gunung Marapi terus Erupsi, Dua Hari Terjadi 45 Kali Letusan

Gunung Marapi yang tengah erupsi, Minggu (8/1/2023). Foto: PVMBG

WELFARE.id-Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi. Gunung Marapi mengalami erupsi sejak Sabtu pagi (7/1/2023). 

Sampai hari ini, Minggu (8/1/2023), Pos Pemantau Gunung Api Marapi mencatat gunung itu sudah erupsi 45 kali. Sepanjang Sabtu (7/1/2023) tercatat Gunung Marapi mengalami erupsi 15 kali. Untuk Minggu (8/1/2023) hingga pukul 13.00 WIB, tercatat 30 kali erupsi.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Marapi, Teguh Purnomo mengatakan erupsi Gunung Marapi masih terjadi tiap jam. Pihaknya menghitung rata-rata dalam satu jam terjadi 1,5 erupsi. "Hari ini dalam waktu enam jam saja sudah terjadi 15 kali erupsi," kata Teguh, Minggu (8/1/2023).

Teguh juga menyebutkan intensitas erupsi Gunung Marapi cenderung meningkat dan tekanan masih tinggi. Tetapi, paparan abu yang disemburkan Gunung Marapi kata dia belum ada yang sampai melewati 3 kilometer (km).

Sementara arah angin saat ini mengarah ke tenggara dan timur laut Gunung Marapi, yakni ke arah Kecamatan Salimpauang, Kabupaten Tanah Datar. Menurut Teguh, sejak erupsi Gunung Marapi terjadi, belum ada warga maupun stakeholder yang melapor terjadi hujan abu.

Untuk diketahui saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II atau Waspada. Pos Pengamatan Gunung Api Marapi merekomendasikan supaya masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki pada radius 3 km dari kawah atau puncak.

Tapi saat erupsi Gunung Marapi terjadi pada Sabtu (7/1/2023), masih ada ratusan pendaki yang berada di atas gunung berapi tersebut. 

Tapi setelah dilakukan evakuasi, Basarnas Sumatera Barat melaporkan sudah 164 pendaki turun dan keluar dari kawasan Gunung Marapi. (tim redaksi)

#gunungmarapi
#erupsi
#sumaterabarat
#kabupatentanahdatar
#kabupatenagam
#pospengamatangunungapimarapi

Tidak ada komentar