Breaking News

Guntur Pilih Ganjar Dibanding Keponakan, Puan: Sabar Ya, Tunggu Ketum Umumkan

Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id - Perdebatan siapa yang akan mewakili PDIP dalam bursa Calon Presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 seperti tak berujung. Sebab, semua masih tetap harus menunggu arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Namun yang pasti, dua nama kerap disebut-sebut sebagai Capres dari PDIP. Kalau tidak Puan Maharani ya Ganjar Pranowo.

Bahkan putra tertua Soekarno, Guntur Soekarnoputra pun masih bertanya-tanya siapa yang akan diusung oleh partai berlambang kepala banteng itu. Namun, saat ditanya wartawan siapa yang ia pilih di antara dua nama itu, dengan lugas dia menjawab Ganjar!

Ya, ia lebih memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Puan pun lantas merespons, mengatakan, siapapun termasuk pamannya itu boleh saja menyampaikan aspirasi terkait calon presiden dan calon wakil presiden PDIP.

”Semua orang boleh menyatakan aspirasinya. Semua orang boleh punya pilihannya," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Sabtu (21/1/2023)

Hanya saja, Puan mengingatkan, sebagai kader PDIP, sang paman tetap harus menunggu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan siapa yang akan dicalonkan sebagai Capres 2024. Semua pihak, khususnya kader PDIP diminta bersabar menunggu keputusan Megawati. 

Pada saatnya, Presiden kelima RI itu akan mengumumkan calon presiden dari PDIP. ”Jadi selama belum ada pengumuman dari ketua umum PDI Perjuangan, kita tunggu dulu sabar siapa nanti yang akan diumumkan," ajaknya.

Sebelumnya diberitakan, putra pertama Soekarno, Guntur Soekarnoputra menegaskan, presiden RI dari PDIP tak harus dari trah Soekarno. Hal tersebut diungkap Guntur alias Mas To dalam program Point of View yang tayang di kanal Youtube Liputan6.

"Kan saya sudah bilang, yang jadi presiden atau kepala negara ini tidak harus keluarganya bung Karno saya berhak dong kalau milih Ganjar," ujar Guntur. Namun demikian, Guntur menegaskan, dirinya tetap punya hubungan yang baik dengan keponakannya, Puan Maharani. 

Ia tetap sayang sebagai paman kepada Puan Maharani. "Kan dia keponakan Mas To, senang enggak senang gitu keponakan Mas To dan sama dia (hubungan) baik-baik. Mas To sama dia sayang sebagai pamannya selalu bertindak sebagai paman," terang dia.

Guntur menggarisbawahi, kalau urusan politik, dirinya lebih memilih Ganjar Pranowo. ”Tapi kalau dihubungkan sama politik, presiden, Mas To punya pilihan sendiri,” imbuhnya.

Kendati begitu, Guntur menegaskan, Ganjar juga belum tentu bisa dengan mudah maju dalam Pemilu 2024. Semua itu tergantung dengan basis massa di bawah.

Ia menilai, bukan tidak mungkin pada akhirnya nanti, Ganjar malah tidak mendapatkan tiket untuk maju di Pemilu 2024. ”Jadi menurut Mas To, siapapun yang mesti jadi presiden dia harus mendapat hati, simpati, dan harus mencekam (mencengkeram) basis massa. Di luar itu Ganjar, mau Puan kek, siapa, Anies kek. Siapa saja kalau tidak dapat tempat di basis massa Mas To pikir enggak pantes jadi presiden," tegasnya. (tim redaksi)

#ganjarpranowo
#puanmaharani
#guntursoekarnoputra
#megawatisoekarnoputri
#trahbungkarno
#pemilu2024
#capres2024
#pilpres2024

Tidak ada komentar