Breaking News

Fenomena New Moon, BMKG Imbau Warga Pesisir Banten Waspada Banjir Rob

Banjir rob yang pernah melanda wilayah Cilegon beberapa waktu lalu. Foto: net

WELFARE.id-Masyarakat yang tinggal di pesisir Provinsi Banten diminta waspada terkait potensi adanya banjir rob. Peringatan itu dikeluarkan oleh akun Instagram @bmgkgkotaserang.

Peringatan itu untuk sejumlah wilayah di pesisir Provinsi Banten bagian utara dan selatan berpotensi banjir rob pada tanggal 19-25 Januari 2023, sedangkan wilayah Barat Banten berpotensi pada 20-25 Januari 2023.

Potensi banjir rob disebabkan oleh fenomena new moon atau bulan baru dan perigee atau titik terdekat bulan dengan bumi yang terjadi bersamaan pada tanggal 21 Januari 2023.

Hal ini membuat potensi pasang air laut mengalami peningkatan mencapai maksimum.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Serang Tarjono menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar pantai di Banten.

"Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada akan potensi banjir rob yang terjadi pada rentang waktu tersebut," kata Tarjono dikutif Jumat (20/1/23).

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo menyampaikan ada sejumlah provinsi di Indonesia yang berpotensi banjir rob.

”Masyarakat diimbau waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut, serta memperhatikan perkembangan cuaca maritim dari BMKG," terang Eko Prasetyo melalui keterangan resminya, Rabu (18/1/23).

Ada sekitar 23 daerah yang berpotensi terjdi banjir rob yang disebabkan oleh fenomena new moon tersebut.

Diantaranya Banten, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, dan Lampung.

Lalu, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua bagian pesisir utara dan selatan. (tim redaksi)


#potensibencanaalam
#banjirairlaut
#rob
#pesisirbanten
#bmkg
#imbauan
#peringatan

Tidak ada komentar