Breaking News

DKI Jakarta Jadi Provinsi Pertama, Imunisasi HPV Gratis untuk Siswi SD Digelar Tahun Ini

Suntik vaksin HPV. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kanker serviks menjadi pembunuh utama kaum wanita. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013, kasus kanker di Indonesia terjadi pada kurang lebih 330 ribu orang, dengan kasus terbesar adalah kanker serviks atau kanker leher rahim.

Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 2 dari 10 ribu wanita di Indonesia menderita kanker serviks dan setiap harinya ada sekitar 26 wanita meninggal akibat penyakit ini. Oleh sebab itu, deteksi dini kanker serviks menjadi sangat penting. 

Deteksi dapat dilakukan melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), yang juga telah ditetapkan sebagai program nasional oleh Departemen Kesehatan. Salah satu upaya pencegahan kanker serviks adalah dengan pemberian imunisasi atau vaksin human papillomavirus (HPV) secara cuma-cuma.

Nah, kabar gembira bagi warga Jakarta, karena Dinas Kesehatan DKI Jakarta bakal mengadakan imunisasi HPV gratis, tahun ini. Kepala Seksi Surveilans Epidemiolog dr Ngabila Salama mengatakan, imunisasi HPV ini gratis untuk warga DKI Jakarta bagi anak perempuan usia sekolah dengan rentang usia 11 sampai 13 tahun.

"Imunisasi ini GRATIS dari pemerintah dan pemberian pada saat anak perempuan kelas 5 dan 6 SD di semua sekolah. Baik SD negeri atau swasta, madrasah atau pesantren atau panti atau dan lain-lain,” jelasnya, lewat keterangan resmi, dikutip Kamis (19/1/2023).

Pemberian imunisasi HPV untuk mencegah kanker leher rahim (kanker serviks) pada wanita tersebut, lanjutnya, bisa didapat di sekolah-sekolah dan juga Puskesmas. Para orang tua bisa berkomunikasi dengan sekolah atau mendaftarkan anak ke Puskesmas di Jakarta.

"Pemberiannya dilakukan di sekolah atau semua puskesmas yang ada di Jakarta (selama bersekolah di Jakarta / NIK Jakarta / domisili di Jakarta)," imbuhnya. Setelah itu, pemberian vaksinasi akan dicatat petugas kesehatan ke Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) dan sertifikat imunisasinya tercatat dan bisa diunduh dari aplikasi PeduliLindungi.

"HPV ini, informasi dari Kemenkes RI akan segera diimplementasikan di seluruh Indonesia tahun 2023 ini. DKI Jakarta jadi Provinsi pertama pelaksanaan imunisasi gratis ini sejak 2016," tuntasnya.

Sebagai informasi, program pemberian imunisasi HPV telah menjadi 1 dari 14 imunisasi dasar lengkap pada anak. Hal ini didukung dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/6779/2021 tentang Program Introduksi Imunisasi Human Papillomavirus Vaccine Tahun 2022-2024. (tim redaksi)

#imunisasiHPV
#kankerserviks
#kankerleherrahim
#kemenkes
#dinaskesehatanDKIjakarta
#riskesdas
#imunisasiHPVgratis

Tidak ada komentar