Breaking News

Diterpa Bencana Salju Longsor, 8 Orang Tewas di Tibet

Foto lokasi longsoran salju di wilayah Nyingchi di Kabupaten Medog yang berlokasi di tenggara Tibet, Tiongkok. Foto: Reuters

WELFARE.id-Longsor salju terjadi di jalan raya di Tibet, Tiongkok (China, Red) pada Selasa (17/1/2023) malam. Akibatnya 8 orang tewas dan sejumlah orang hilang dalam peristiwa tersebut. 

Dilansir AFP Kamis (19/1/2023), berdasarkan laporan Kantor Berita Xinhua longsoran salju terjadi di pintu keluar terowongan di jalan raya yang mengarah dari daerah wilayah Nyingchi yang merupakan akses di Kabupaten Medog ke Kabupaten Mainling di tenggara Tibet.

Seorang pejabat Kota Nyingchi yang berlokasi pada ketinggian 3.040 meter (kira-kira 10.000 kaki) di atas permukaan laut, mengatakan longsoran salju menjebak orang-orang di dalam kendaraan merek.

Pemerintah Tiongkok telah mengirimkan tim untuk membantu pencarian jenazah dan orang hilang di lokasi bencana tersbeut. Akibat bencana alam itu, banyak orang dan kendaraan terdampar akibat longsor tersebut. 

Masih belum jelas berapa banyak orang yang hilang. Tidak ada perincian lebih lanjut yang dirilis oleh pejabat setempat. 

Tapi media yang berafiliasi dengan Pemerintah Tiongkok, Global Times melaporkan pihak berwenang telah mengirimkan 131 petugas dan 28 kendaraan ke tempat kejadian pada Rabu (18/1/2023) malam. 

Kementerian Manajemen Darurat China juga mengirimkan kelompok relawan ke Daerah Otonomi Tibet di China Barat Daya.

Pada pukul 17.30 Rabu kemarin, markas penyelamatan darurat Tiongkok juga mengirim 246 tim penyelamat dan mengerahkan lebih dari 70 kendaraan, 10 buah peralatan skala besar, dan 994 perangkat pencarian.

Tujuannya tim penyelamat itu akan menggali jalur penyelamatan sepanjang 350 meter di lokasi bencana. Terletak di ketinggian rata-rata sekitar 3.100 meter, Nyingchi dianggap sebagai ’Swissnya Tibet’ oleh banyak perusahaan wisata. (tim redaksi)


#saljulongsor
#tibet
#tiongkok
#delapantewas
#penyelamatan
#kotanyingchi
#kabupatenmedog
#kabupatenmainling

Tidak ada komentar