Breaking News

Ditembak di Depan Rumah, Politisi Perempuan Afghanistan dan Pengawalnya Tewas

Mursal Nabizada, politisi dan mantan anggota parlemen wanita Afghanistan semasa hidup. Foto: AFP

WELFARE.id -Tragis dialami Mursal Nabizada, politisi dan mantan anggota parlemen wanita Afghanistan. Dia tewas ditembak pria bersenjata tak dikenal di rumahnya di Ibu Kota Kabul, Minggu (15/1/2023) waktu setempat.

Menurut keterangan polisi setempat, Nabizada dan pengawalnya ditembak mati, sedangkan saudara laki-lakinya terluka dalam serangan yang terjadi kemarin tersebut. 

”Pasukan keamanan telah memulai penyelidikan serius terkait kasus tersebut untuk menemukan para penjahat yang melakukan aksi penembakan,” ujar polisi dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters, Senin (16/1/2023).

Nabizada menjadi anggota parlemen di Afghanistan sampai Taliban mengambil alih negara itu ketika pasukan asing yang dipimpin Amerika Serikat (AS) ditarik pada 2021 lalu di negara tersebut. 

Ketika itu, banyak politisi meninggalkan negara itu, tapi Nabizada justru bertahan di negara kelahirannya tersebut.

”Nabizada terpilih sebagai anggota majelis rendah parlemen pada 2018 untuk mewakili Kota Kabul,” ucap penyiar radio lokal, Tolo.

Sejak Taliban berkuasa, banyak hak-hak masyarakat negara itu hilang. Khususnya hak perempuan. Padahal, Taliban mengatakan mereka fokus mengamankan negara dan mendorong warga Afghanistan untuk hidup damai kembali.

Tetapi kenyataannya, beberapa serangan telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir, termasuk serangan di Kementerian Luar Negeri (Kemenli) pekan lalu yang menewaskan dan melukai puluhan orang dan kejadian itu diklaim oleh kelompok Negara Islam setempat.

Sebelumnya pada Desember 2022, satu orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di dekat kantor Partai Hezb-e-Islami di Kabul, dimana pemimpinnya Gulbuddin Hekmatyar, yang merupakan Perdana Menteri (PM) Afghanistan pada 1990-an berada di dalam kantor partai tersebut. (tim redaksi)


#afghanistan
#penembakan
#politiswanita
#penyerangan
#mursalnabizada
#mantananggotaparlemen

Tidak ada komentar