Breaking News

Diskriminasi Tiongkok Soal COVID-19, Visa Korsel Ditahan

Pelancong asal Tiongkok. Foto: Ilustrasi/ Reuters

WELFARE.id-Diskriminasi terhadap pelancong Tiongkok di berbagai negara akibat wabah COVID-19 terus terjadi. Sejumlah negara membatasi dan menetapkan aturan ketat bebas COVID-19 untuk wisatawan asal Tiongkok, termasuk Korea Selatan (Korsel).

Kesal warganya diperlakukan diskriminatif, Tiongkok pun langsung membalas perlakuan Korsel tersebut. Kedutaan Besar Tiongkok di Seoul memutuskan menyetop sementara layanan visa bagi pelancong Korsel yang hendak berkunjung ke Negeri Tirai Bambu itu.

Kedubes Tiongkok untuk Korsel menyatakan, keputusan itu merupakan balasan atas "pembatasan masuk yang diskriminatif" dari Korsel terhadap pelancong Beijing. Pengumuman itu sendiri muncul sehari setelah Menteri Luar Negeri Cina Qin Gang mengutarakan keprihatinannya atas kebijakan Korsel tersebut kepada Menlu Park Jin per telepon.

Korsel memang termasuk salah satu negara yang mengetatkan aturan masuk bagi pelancong dari Tiongkok. Negara itu meminta wisatawan menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 sebelum keberangkatan ke negaranya.

Pekan lalu, Korsel juga sempat memburu warga Tiongkok yang kabur saat diminta menunggu karantina usai dinyatakan positif COVID-19. Pihak berwenang sampai memasukkan nama pria berusia 40 tahun itu ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

Meski begitu, polisi tak lama menemukan orang tersebut di sebuah hotel. Pria itu lantas dibawa ke fasilitas karantina untuk menjalani isolasi selama tujuh hari dan akan diinvestigasi begitu selesai.

"Kami berencana melakukan investigasi setelah periode isolasinya selesai," demikian pernyataan polisi saat itu, melansir CNN, Rabu (11/1/2023). (tim redaksi)

#diskriminasiwisatawantiongkok
#korsel
#koreaselatan
#visakoreaselatan
#covid19
#pengetatanaturanmasukkorsel
#wisatawan

Tidak ada komentar