Breaking News

Diikuti Selebritis Dunia, Diet Mediterania Diprediksi Booming Tahun Ini

Makanan sehat. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Memiliki tubuh yang ideal menjadi impian banyak orang. Salah satu upayanya adalah dengan menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. 

Berbagai macam diet dan petunjuk menu makanan dengan mudah kita dapatkan di media sosial. Tapi, tetap disarankan berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi sebelum memulai program diet kamu ya.

Untuk tahun ini, kalangan selebriti Hollywood tengah menggandrungi diet Mediterania.  Saking populernya, beberapa artis dan penyanyi yang kamu kenal, juga menjalani diet Mediterania ini, antara lain John Goodman, Penelope Cruz, Cameron Diaz, Liz Hurley, Catherine Zeta-Jones, Megan Fox, Halle Berry, Miley Cyrus, hingga penyanyi Selena Gomez.

Dikutip dari Medical News Today, Kamis (26/1/2023), diet Mediterania adalah cara makan yang menekankan pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet Mediterania adalah pola makan yang dibuat berdasarkan konsumsi berbagai makanan tradisional dari negara Italia dan Yunani yang dikenal sejak tahun 1960-an.

Diet Mediterania mendapat banyak perhatian dari komunitas medis karena banyak penelitian membuktikan manfaatnya. Antara lain menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu menurunkan berat badan.

Cara Menjalani Diet Mediterania

1. Mengurangi Konsumsi Lemak Tidak Sehat

Bagi yang ingin mencoba memulai menjalani diet Mediterania, sebaiknya kamu perlu mengurangi asupan lemak tidak sehat, seperti lemak trans dan lemak jenuh. Sebagai pengganti minyak goreng, margarin, atau minyak masak lainnya, gunakanlah minyak zaitun.

2. Konsumsi Protein

Mengonsumsi protein secara rutin juga menjadi salah satu anjuran dalam diet Mediterania. Asupan protein ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan dua kali dalam seminggu. 

Namun ingat, masaklah ikan dengan cara dibakar, dikukus, atau direbus, bukan digoreng. Kamu juga bisa mengonsumsi daging merah, tapi batasi porsi dan frekuensinya. 

Daripada daging merah, sumber protein hewani yang lebih disarankan adalah ikan atau daging ayam tanpa lemak.

4. Mengonsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Asupan sayur dan buah yang perlu dikonsumsi saat melakukan diet Mediterania adalah sekitar 58 porsi per hari. Satu porsi buah dan sayuran setara dengan setengah piring setiap kali makan.

Selain buah dan sayur, diet ini juga menekankan konsumsi biji-bijian utuh. Makanan yang diolah dari biji-bijian ini meliputi roti gandum, sereal, dan pasta.

5. Pilih Camilan Sehat

Kamu disarankan memilih camilan seperti buah kering atau buah-buahan segar, serta kacang-kacangan yang diolah tanpa tambahan garam. Dalam diet Mediterania, kamu juga dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 6-8 gelas sehari, mengonsumsi susu, yoghurt rendah lemak, dan keju dalam jumlah sedikit, dan mengurangi konsumsi alkohol.

6. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik rutin tidak boleh terlewatkan dan merupakan bagian dari pola konsumsi Mediterania. Selain mempertahankan berat badan, aktivitas fisik rutin dan pola konsumsi sehat diperlukan untuk pencegahan berbagai penyakit kardiovaskuler, diabetes, dan mencegah penyakit kanker.

Pantangan Makan

Saat mengikuti pola diet sehat apa pun, termasuk diet Mediterania, ada beberapa makanan yang perlu dihindari, seperti biji-bijian olahan yaitu roti putih, pasta putih, dan adonan pizza yang mengandung tepung putih. Lalu lemak trans yang bisa ditemukan di margarin dan makanan olahan lainnya, makanan dengan tambahan gula, seperti kue kering, soda, dan permen. 

Ada juga jenis daging deli seperti hot dog, dan daging olahan lainnya. Serta makanan ultra-olahan seperti makanan cepat saji. (tim redaksi)

#dietmediterania
#artishollywood
#tren2023
#programdiet
#tubuhideal
#beratbadanideal

Tidak ada komentar