Breaking News

Digaji Fantastis Rp1,2 Miliar Per Episode, Karya Kim Eun Sook Jaminan Drakor Sukses!

Penulis drama "The Glory" Kim Eun Sook. Foto: Istimewa/ Dok.Netflix

WELFARE.id-Baru-baru ini netizen shock mengetahui gaji yang diterima Kim Eun Sook sebagai penulis naskah drama hits "The Glory" untuk setiap episode. Melansir dari laman Allkpop, Sabtu (14/1/2023), sebuah postingan di komunitas online yang diunggah pada 12 Januari kemarin menarik perhatian karena menyebutkan bahwa penulis Kim Eun Sook mendapat bayaran lebih dari 100 juta KRW (sekitar Rp1,2 miliar) per naskah per episode.

Sebagai informasi, Kim Eun Sook telah menjadi penulis terkenal dan mapan di industri ini. Dia merupakan penulis dari sejumlah drama populer, seperti "Lovers in Paris," "On Air," "Secret Garden," "Descendents of the Sun," "The Heirs," "Goblin," dan "Mr. Sunshine."

Dengan kemampuannya, tidak heran jika dia juga diganjar penghargaan utama (daesang) dalam beberapa acara awarding di Korea Selatan. Banyak juga aktor dan aktris Korea Seltan yang dengan senang hati bahkan mengantre untuk main dalam drama yang dia tulis.

Sebagai penulis yang termasuk papan atas dalam industri hiburan Korea Selatan, tentunya honor yang dia terima untuk membuat naskah tidak murah. 
Meski demikian, hasil yang dicapai Kim Eun Sook saat ini tidak datang dengan sendirinya. 

Dia dikenal memiliki kisah hidup yang tak kalah inspiratif. Dalam pemberitaaan Channel A dengan tajuk 'Heard It Throug the Grapvine' pada 2019 menyebut jika sang penulis mengalami masa awal yang berat.

"Penulis Kim masuk perguruan tinggi lima tahun lebih lambat dari rekan-rekannya karena dia harus mendapatkan uang untuk membayar uang sekolahnya. Setelah lulus, dia menulis naskah drama di Daehak-ro, tetapi dia adalah seorang penulis yang tidak dikenal jadi dia tidak punya penghasilan tetap," tulis laporan.

"Dikatakan bahwa gaji pertama yang diterima penulis Kim Eunsook dari perusahaan produksi drama adalah 700 ribu KRW (sekira Rp8 juta). Namun, sejak drama "Lovers in Paris" mencatat rating pemirsa sebesar 57,6 persen, lantas biaya naskah per episode meningkat menjadi 30 juta KRW (Rp366 juta). 

"Kemudian, dengan popularitas 'Goblin,' biaya manuskripnya meningkat menjadi 70 juta KRW ~ 80 juta KRW (Rp853 juta - Rp975 juta) per episode. Sekarang, honornya lebih dari 100 juta KRW (Rp1,3 miliar) per episode," lanjut tulisan. (tim redaksi)

#kimeunsook
#penulisnaskahtheglory
#dramatheglory
#songhyekyo
#bayaranfantastis
#honorpenulis
#drakor
#dramakorea
#penulisdrakorterkenal

Tidak ada komentar