Breaking News

Di Sekitar Mata Muncul Kulit yang Menguning, Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Kondisi Xanthelasma akibat penumpukan kolesterol pada mata. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kadar kolesterol tinggi ternyata bisa terlihat dari mata. Ya, hal itu disebut xanthelasma. Yaitu, pertumbuhan kulit kuning yang dapat muncul di sudut kelopak mata, di samping hidung. Ini bisa disebabkan oleh endapan kolesterol yang menumpuk di bawah kulit.

Kadar kolesterol tinggi (hiperlipidemia) bisa tidak terdeteksi selama bertahun-tahun, karena sering tidak menunjukkan gejala. Namun, jangan abai, jika terlihat kemunculan kuning di sekitar mata.

Melansir laman Klinik Cleveland, Senin (9/1/2023), setengah dari orang dengan xanthelasma memiliki kadar kolesterol tinggi. Penyedia layanan kesehatan biasanya melihat level ini pada orang dengan jenis kolesterol tinggi yang kamu dapatkan dari orang tua atau beberapa penyakit hati.

Menurut klinik, bercak kulit kuning bisa berupa datar atau bergelombang, lembut atau tegas serta menimbulkan rasa tidak nyaman. Meskipun xanthelasma adalah salah satu gejala kolesterol tinggi, satu-satunya cara untuk memastikan kadar kolesterol hanya lewat serangkaian tes.

Tingkat kolesterol total yang sehat dalam darah dianggap lima atau kurang milimol per liter (mmol/l). Lebih khusus lagi, tingkat lipoprotein densitas tinggi (kolesterol baik) yang sehat adalah satu atau lebih mmol/l. 

Kamu setidaknya harus memiliki empat atau kurang mmol/l lipoprotein densitas rendah (kolesterol jahat). National Health Services (NHS) merekomendasikan, perubahan pola makan tertentu sebagai cara untuk meminimalkan kolesterol. 

Ini termasuk makan lebih banyak ikan berminyak, seperti mackerel dan salmon. Konsumsi juga nasi merah, roti gandum, dan pasta gandum. 

Jangan lupa, kacang-kacangan dan biji-bijian serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda juga harus mengurangi pai daging, sosis, dan daging berlemak. 

Kamu juga disarakankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit (2,5 jam) seminggu, berhenti merokok, dan mengurangi alkohol. Sebab, kolesterol tinggi bisa menyebabkan serangkaian penyakit mematikan, seperti jantung dan stroke. (tim redaksi)

#kadarkolesterol
#kolesteroltinggi
#kondisixanthelasma
#kuningdisekitarmata
#tandakolesteroltinggi
#penyakitjantung
#penyakitstroke

Tidak ada komentar