Breaking News

Di-Grounded Sejak 2019, Pesawat Boeing 737 MAX Kembali Mengudara di Langit Tiongkok

Pesawat China Southern Airlines berjenis Boeing 737 MAX. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Penerbangan maskapai China Southern Airlines dengan menggunakan pesawat Boeing 737 MAX menarik perhatian. Untuk kali pertama sejak pesawat jenis ini dilarang terbang pada 2019, Boeing 737 MAX lepas landas dari bandara Guangzhou menuju Zhengzhou, Jumat (13/1/2023) waktu setempat. 

Penerbangan ini menandai layanan penumpang untuk pertama kalinya dengan model pesawat itu oleh maskapai Tiongkok sejak Maret 2019. Penerbangan itu menjadi tonggak penting dalam upaya Boeing untuk membangun kembali bisnisnya di Tiongkok, pasar penerbangan terbesar kedua di dunia.

Boeing 737 MAX yang merupakan model paling laris, terpaksa di-grounded secara global pada Maret 2019 setelah dua kecelakaan fatal terjadi di Indonesia dan Ethiopia. Pesawat jenis itu kembali beroperasi di beberapa negara mulai akhir tahun 2020, dengan pengecualian Tiongkok dan Rusia, setelah dilakukan modifikasi terhadap pesawat jenis itu dan adanya pelatihan pilot.

Hingga kini Rusia belum juga menerbangkan kembali Boeing 737 MAX secara domestik. Maskapai penerbangan asing mulai menerbangkan Boeing 737 MAX ke Tiongkok sejak Oktober 2022, sebagai tanda negara pertama yang mengandangkan model pesawat jenis itu setelah kecelakaan terjadi mulai melonggarkan kebijakannya.

Meskipun diketahui, ada ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS). (tim redaksi)

#boeing737max
#pesawat
#digrounded
#chinasouhternairlines
#penerbangandomestik
#maskapaitiongkok
#peranhdagangtiongkokAS

Tidak ada komentar