Breaking News

Delman Dilarang Beroperasi di Monas, Wali Kota Jakarta Pusat: Sudah ada Surat Edarannya!

Delman melintas di pintu selatan Monas. Foto: net

WELFARE.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat akan melarang delman untuk beroperasi di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan sekitarnya. Pelarangan itu disebut juga sudah ada aturan hukum yang dikeluarkan oleh Pemkot Jakarta Pusat. 

Plt Wali Kota Jakarta Pusat Iqbal mengatakan bahwa pihaknya akan membentuk satuan gugus tugas (satgas) untuk menjalankan keputusan pelarangan delman tersebut.

Iqbal juga memaparkan bahwa keberadaan delman memang dilarang berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 36 Tahun 2016 Tentang larangan pengoperasian delman di kawasan Monas.

”SE atau surat edaran itu memang sampai saat ini belum dicabut, sehingga kita tetap menerapkan aturan tersebut,” kata Iqbal dalam keterangannya, Kamis (5/1/2023).

Iqbal juga mengatakan untuk tahap awal pihaknya akan mensosialisasikan larangan tersebut kepada pemilik delman maupun asosiasi kusir delman.

”Kita akan mensosialisasikan kebijakan ini kepada pemilik delman juga pada asosiasi kusir delman,” ujarnya juga.

Lebih lanjut, Iqbal mengatakan bahwa selain kawasan Monas, kawasan Thamrin dan Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dibuat juga menjadi kawasan bebas delman.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub), merespons maraknya delman di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat saat hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan pihaknya akan melakukan penindakan apabila menemukan delman yang masih beroperasi di kawasan Bundaran HI.

”Tentu kami akan melakukan penindakan karena sekarang ada regulasi mereka diperbolehkan di mana saja, titik tertentu,” kata Syafrin kepada wartawan. (tim redaksi)

#monumennasional
#monas
#delman
#pelaranganberoperasi
#pemkotjakartapusat
#walikotajakartapusat
#dishubdkijakarta

Tidak ada komentar