Breaking News

Data Kendaran yang STNK Mati 2 Tahun Tidak Langsung Dihapus, Ini Tahapannya

Ilustrasi pengurusan pembayaran pajak kendaraan di Samsat. Foto: net

WELFARE.id-Tindakan tegas akan dilakukan kepolisian. Korlantas Polri akan menghapus data registrasi kendaraan bermotor jika masa berlaku STNK lima tahunan habis dan tidak diperpanjang selama dua tahun. 

Namun sebelum data STNK dihapus, polisi akan memberikan surat peringatan terlebih dahulu kepada pemilik kendaraan yang menunggak pajak tersebut, agar memenuhi kewajibannya. 

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa data kendaraan yang STNK-nya mati itu bukannya akan diblokir, melainkan dihapus secara permanen. 

Langkah ini dilakukan untuk mendorong masyarakat agar lebih patuh dalam membayar pajak kendaraan. Karena membayar pajak merupakan kewajiban setiap pemilik kendaraan. 

"Itu bukan diblokir tapi terhapus, kalau sudah dihapus berarti hilang. Ada tahapannya, kami nanti akan peringatkan dengan mengirim SP (Surat Peringatan)," terang Yusri,  Jumat (6/1/2023).

Menurut Yusri, surat peringatan atau SP akan dikirimkan ke pemilik kendaraan yang STNK-nya mati. Dalam penerapannya, surat peringatan akan diberikan selama 5 bulan, pemblokiran registrasi kendaraan selama satu bulan, kemudian menghapus dari data induk ke data record selama 12 bulan.

Pada tahap akhir, jika pemilik tidak menghiraukan surat peringatan yang dikirimkan tersebut, data registrasi kendaraan bermotor akan dihapus secara permanen.

"Jadi SP itu akan dikirimkan ke pemilik kendaraan, secara bertahap. Pemberlakuan akan mulai dilakukan  dari tahun ini," ujar juga mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Untuk diketahui, kebijakan penghapusan data kendaraan karena STNK mati dua tahun tercantum dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 74. 

Dalam pasal tersebut, disebutkan bahwa penghapusan data kendaraan dapat dilakukan jika pemilik kendaraan tidak melakukan registrasi ulang, setidaknya dua tahun setelah masa berlaku STNK habis masa berlakunya. (tim redaksi)

info grafis STNK. Welfare.id

#mabespolri
#korlantas
#stnk
#taktaatbayarpajak
#penghapusandatakendaraan
#suratperingatan

Tidak ada komentar