Breaking News

Dampak Pandemi, Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang Bertambah 59.257 Orang

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berpose dengan salah satu UMKM asal daerahnya. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pandemi Corona yang berdampak banyak perusahaan kolaps yang berujung pemutusan hubungan kerja (PHK) membuat banyak masyarakat membuka usaha untuk mendapatkan penghasilan. 

Karena itu jangan heran kini banyak usaha micro kecil dan menegah atau UMKM bermunculan. Salah satunya di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang mencatat kenaikan yang tinggi pada angka jumlah pelaku UMKM tahun 2022. Hal itu dinilai sejalan dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk berwirausaha.

”Selama 2020 hingga 2021 kami mencatat ada 25.918 pelaku UMKM. Lalu pada 2022 ada kenaikan sekitar 33.339 pelaku UMKM baru. Jadi jika dijumlahkan kini ada sekitar 59.257 pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang,” terang Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, Nurul Hayati dalam keterangan resminya, Kamis (5/1/2023).

Nurul juga mengatakan, kenaikan jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang didorong tingginya keinginan masyarakat Kabupaten Tangerang dalam menjalankan usaha atau berwirausaha.

”Peningkatan tersebut terjadi karena minat dan keinginan masyarakat untuk berusaha sangat tinggi. Selain itu, UMKM mampu bertahan dan meningkat karena daya tarik serta upaya masyarakat untuk tetap bertahan hidup ketika terdampak pandemi COVID-19,” paparnya juga.

Dia juga melanjutkan, kenaikan jumlah pelaku usaha tersebut dapat menjadi salah satu indikator tumbuhnya perekonomian di Kabupaten Tangerang. Nurul menilai tumbuhnya pelaku UMKM membuktikan bahwa geliat ekonomi di Kabupaten Tangerang saat ini semakin baik, terlebih daya beli masyarakat yang meningkat dapat mendorong tumbuhnya UMKM.

”Dampak pandemi, UMKM tumbuh, maka dampak langsungnya adalah ekonomi daerah juga meningkat karena sebagian besar perputaran perekonomian kita juga berasal dari pelaku UMKM,” paparnya juga.

Ke depan, kata Nurul juga, pihaknya akan terus mendorong para pengusaha lokal, khususnya para pelaku UMKM untuk masuk ke ranah digital. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan program Nasional dalam menciptakan UMKM Go Digital 2024 yang digagas Kementerian Koperasi dan UKM. ”Bertambahnya UMKM bakal menggairahkan perekonomian Kabupaten Tangerang,” tandasnya juga. (tim redaksi)


#umkm
#pengusahakecil
#kabupatentangerang
#pemkabtangerang
#dinaskoperasidanusahamikro
#pandemicorona
#perusahaankolaps

Tidak ada komentar