Breaking News

Cuaca Ekstrem di Selat Karimata, Tim SAR terus Lakukan Pencarian 6 Korban Tugboat TB Muara Sejati

Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, melakukan pencarian enam ABK tugboat TB Muara Sejati. Foto: SAR Pangkalpinang 

WELFARE.id-Hingga kini, pencarian enam anak buah kapal (ABK) tugboat (TB) Muara Sejati yang tenggelam di Selat Karimata terus dilakukan. Tapi pencarian yang dilakukan oleh Basarnas itu terkendala cuaca ekstrem. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan kalau cuaca ekstrem membuat gelombang laut cukup tinggi yang menyulitkan pencarian.

"Sampai sore ini pencarian belum membuahkan hasil. Pencarian dihadapkan dengan perubahan cuaca yang tidak menentu, sehingga menyulitkan tim di lapangan yang melakukan pencarian," terang Oka kepada wartawan dikutip Sabtu (7/1/2023).

Tapi menurut Oka juga, upaya pencarian enam ABK tugboat (TB) Muara Sejati terus dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengerahkan sejumlah kapal negara (KN) untuk melakukan penyisiran permukaan laut Selat Karimata.

Selain itu, para petugas juga melakukan E-broadcast setiap hari untuk melacak jejak 6 ABK yang hilang sejak sepekan lalu tersebut. 

Menurut Oka juga, pencarian sudah memasuki hari ke-8 sejak tugboat TB Muara Jati karam dihantam ombak besar pada 30 Desember 2022 lalu. 

Dalam kasus itu, sebanyak empat ABK berhasil dievakuasi pada 2 Januari 2023 usai sinyal bahaya (distress alert) dikirimkan tugboat yang karam tersebut. 

Keempat korban itu merupakan nakhoda, juru mudi, masinis dan oile. Para korban ditemukan terseret di atas liferaft di Tanjung Binga, Belitung. 

Seperti diberitakan sebelumnya, tugboat TB Muara Sejati dikabarkan karam usai dihantam ombak besar. Kapal tersebut itu hendak berlayar menuju Pelabuhan Sanggau, Pontianak, dengan melintasi Selat Karimata tapi karam usai dihantam gelombang tinggi. (tim redaksi)


#kapalkaram
#selatkarimata
#cuacaekstrem
#tugboattbmuara
#gelombangtinggi
#basarnas
#sarpangkalpinang

Tidak ada komentar