Breaking News

Cegah Kebotakan, Kaum Pria Wajib Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini

Ilustrasi rambut pria rontok. Foto: net

WELFARE.id-Kebotakan akibat rambut rontok jadi masalah yang ditakutkan oleh kaum pria. Beberapa pria ada yang rambutnya menipis hingga botak seiring dengan pertambahan usia. 

Umumnya, kondisi kerontokan rambut ini dipengaruhi oleh faktor genetik. Berdasarkan penelitian, pria yang memiliki ayah botak cenderung akan plontos juga nantinya. Namun, ada cara untuk menghambat prosesnya.

Menurut dokter kulit Aimee Paik dari Salinas, California, Amerika Serikat (AS), penyebab utama hilangnya rambut kemungkinan besar merupakan kombinasi dari faktor genetik dan efek hormon DHT (dihidrotestosteron) pada rambut. 

Saat ini, cara paling efektif mencegah kerontokan adalah memblokir DHT menggunakan finasteride, obat yang diresepkan untuk mengatasi rambut rontok.

Beberapa penelitian juga menunjukkan makanan dan suplemen tertentu mungkin dapat mengurangi kadar DHT. Salah satu bahan pertama yang dapat ditambahkan ke menu diet adalah kunyit.

Paik menjelaskan kunyit adalah bumbu yang dibuat dari tanaman curcuma longa. Kunyit adalah bahan umum dalam masakan Indonesia dan negara-negara Asia lainnya. Kunyit juga suplemen nutrisi populer.

"Meskipun tidak ada bukti kunyit bekerja untuk pertumbuhan rambut, beberapa penelitian tahap awal menemukan kunyit memiliki efek melawan DHT," ujar Paik, dikutip dari laman Express, Minggu (1/1/2023).

Mengutip satu penelitian pada hewan, Paik menunjukkan penggunaan curcumin (antioksidan kuat dalam kunyit) setiap hari mengurangi kadar DHT pada tikus. Di bidang penelitian lain, protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar DHT dalam tubuh.

Satu percobaan yang dilakukan selama enam bulan menemukan bahwa pria yang mengonsumsi protein kedelai mengalami sedikit penurunan kadar DHT. Penelitian lebih lanjut menunjukkan manfaat minyak kelapa, yang dapat membantu mengurangi kerontokan protein rambut.

"Terkait DHT, beberapa studi skala kecil menemukan senyawa tertentu dalam minyak kelapa mungkin efektif menguranginya," kata Paik.

Sebagai contoh, satu penelitian menemukan asam laurat atau zat yang ditemukan dalam minyak kelapa (bersama zat lain) memiliki efek pada enzim yang mengubah testosteron menjadi DHT. Namun, penelitian ini didasarkan pada model hewan, jadi hasilnya tidak boleh dilihat sebagai bukti otoritatif bahwa minyak kelapa menghambat DHT atau mencegah pola kebotakan pria.

"Beberapa penelitian menemukan minyak biji labu, minyak yang dihasilkan secara cold pressed dari biji labu, dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut," ujar Paik.

Satu proyek penelitian meminta responden pria yang memiliki pola kebotakan untuk menggunakan suplemen minyak biji labu selama 25 pekan. Hasilnya, responden mengalami peningkatan jumlah rambut rata-rata sebesar 40 persen.

"Sebagai perbandingan, pria yang menggunakan plasebo nonterapi hanya melihat 10 persen peningkatan jumlah rambut selama periode yang sama," kata Paik yang melayani pasien di platform telemedisin Hims.

Bahan lain yang patut dipertimbangkan dalam hal kerontokan rambut adalah teh hijau yang juga baik untuk mencegah kebotakan. (tim redaksi)

#kebotakan
#pria
#kaumadam
#makananpenyuburrambut
#cegahkebotakan
#kulitkepalasehat

Tidak ada komentar