Breaking News

Buaya Jumbo Nyasar ke Pantai Legian Bali, Bikin Panik Wisatawan

Penampakan buaya sepanjang 3 meter di Pantai Legian, Kuta, Bali. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Wisatawan di Pantai Legian, Kuta, Bali dikagetkan dengan munculnya seekor buaya besar. Buaya yang biasa hidup di sungai air tawar, tiba-tiba terlihat keluar dari laut.

Munculnya buaya sepanjang 3 meter itu tentu tak lazim dan bisa  membahayakan wisatawan. Video kemunculan buaya itu pun lantas viral di media sosial.

Dalam video tersebut, sejumlah pengunjung yang tengah bermain, berjemur, dan bermain air tampak panik melihat kemunculan buaya itu. Balawista pantai bernama Dewa Made JuliartaI dan Mogik Biyantara yang pertama kali mengetahui adanya buaya air asin tersebut.

Menurut kedua saksi, saat tengah berjaga di Pos 7 Pantai Kuta sekitar pukul 15.00 WITA, terlihat seekor buaya sedang berenang dan berjalan ke arah pantai depan Hotel Padma Legian, Kuta. Sembari meminta pengunjung pantai menjauh, mereka menghubungi Pos Induk Balawista untuk meminta bantuan personel Balawista lainnya, guna menangkap buaya jumbo ini.

Dibantu pedagang pantai yang ada di sekitar lokasi, mereka lalu menangkap dan mengikatnya dengan menggunakan tali dan kain. Tak lama berselang, datang petugas BKSDA Denpasar.

Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu I Ketut Sukadi menjelaskan, buaya tersebut muncul berenang di pantai depan Hotel Padma Legian. "Buaya tersebut pertama kali dilihat oleh seorang penjaga pantai atau lifeguard yang sedang patroli. Ia kemudian langsung meminta bantuan personel Balawista yang ada di pos,” jelas Sukadi dalam siaran pers, dikutip Jumat (6/1/2023).

Ia menjelaskan, buaya yang tiba-tiba muncul tersebut merupakan jenis buaya air asin atau crocodylus porosus. Menurut beberapa sumber, jenis buaya ini merupakan buaya terbesar di bumi.

Jenis buaya ini tidak hanya mampu hidup di sungai tetapi juga di muara dan laut. Buaya ini merupakan jenis berbahaya karena menjadikan manusia sebagai salah satu targetnya.

Untuk menghindari jatuhnya korban, Petugas Balawista kemudian penangkap buaya itu menggunakan tali. Setelah berhasil diikat buaya tersebut kemudian dievakuasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

Setelah diikat, buaya tersebut kemudian diukur, panjang buaya tersebut 2,9 meter dan berat 100 kg. "Buaya tersebut sudah dievakuasi oleh BKSDA, saat ini keadaan pantai sudah kembali kondusif,” tuntasnya. (tim redaksi)

#buayadipantailegian
#pantailegiankuta
#bali
#BKSDAbali
#kemunculanbuayajumbo
#polrestadenpasar
#wisatawan

Tidak ada komentar