Breaking News

Berburu Pernak Pernik Imlek di Glodok

Suasana di kawasan Glodok (welfare.id/ Dewi Maryani) 

WELFARE.id-Tahun Baru Imlek sudah di depan mata. Bagi etnis Tionghoa, perayaan ini menjadi tradisi pergantian tahun dan momen berkumpul dengan keluarga. 

Dalam penanggalan Tionghoa, perayaan Imlek 2574 Kongzili akan dirayakan pada 22 Januari dan di 2023 ini masuk ke dalam tahun kelinci. Menjelang perayaannya, orang-orang pun mulai berburu ragam pernak-pernik untuk menghiasi rumah mereka. 

Satu tempat yang sudah sangat terkenal bagi yang ingin berburu pernak-pernik di Jakarta adalah Kawasan Pecinan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. 

Di kawasan Pecinan ini, kita bisa menemukan berbagai perlengkapan dan aksesori mulai dari amplop angpao, lampion, dan beragam jajanan khas Tionghoa. 

Selain lengkap, harga barang-barang yang dijual di kawasan ini terbilang cukup terjangkau. Oleh karena itu, wajar jika kawasan Pecinan Glodok menjadi referensi utama dalam mencari keperluan Imlek. "Saya dapat topi bundar berkuncir untuk lucu-lucuan, lampion dan angpao mini untuk digantung di ranting bunga sakura," ujar Tjandra, salah satu pembeli pernak-pernik Imlek di Glodok, Selasa (10/1/2023). 

Di sini, kita tak hanya berbelanja ragam kebutuhan Imlek, tetapi juga lebih mengenal kultur Tionghoa yang sudah lama bersanding dengan warga Jakarta. 

Glodok yang masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, menjadi salah satu daya tarik utama tentang wisata sejarah dan budaya di Ibu Kota. Gelar tersebut diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Setelah lelah mencari pernak-pernik untuk Imlek, kamu bisa langsung memanjakan perut dan lidah dengan mencicipi berbagai jenis kuliner yang dijual di sana. Kebanyakan kuliner yang ada di Kawasan tersebut menjual makanan khas Tiongkok dan lokal mulai dari halal sampai non-halal. 

Ada sentra kuliner yang dikenal dengan Petak Enam. Terdapat puluhan tenant makanan yang dijual. Selain itu, ada juga penjual bakso pikul yang viral dengan kuah kaldu yang lezat. 

Dari segi harga kuliner di sekitar sini cukup bervariasi mulai dari Rp15.000-Rp100 ribu. "Soal makan, saya mlipir ke Cempedak Goreng Cik Lina di Gedung Petak Enam. Makan siangnya di Kuo Tie Shantung 68, menikmati kuo tie dan lindung ca fumak, sambil menyeruput segarnya liang teh," lanjut pria yang tinggal di Karawaci itu. 

Puas berbelanja di sana, kita juga dapat belajar sejarah religi dengan mengunjungi beberapa klenteng tertua di Jakarta.  

Vihara Dharma Bakti yang sudah didirikan sejak 1650. Vihara yang sudah ada sejak 372 tahun silam itu menjadi saksi bisu serta korban peristiwa Geger Pecinan pada tahun 1740. Selain Vihara Dharma Sakti, kita bisa mengunjungi klenteng lain yaitu Vihara Toa Sebio yang mana menjadi saksi kekejaman peristiwa yang sama. (tim redaksi) 

#imlek
#pernakpernikimlek
#glodok
#pecinan
#pecinanjakarta
#pecinanglodok

Tidak ada komentar